LANTAMAL XII LAKSANAKAN SOSIALISASI PENERIMAAN PRAJURIT TNI AL

Pontianak, Senin 20 November 2017,- Guna memenuhi kualitas dan kuantitas calon prajurit TNI AL tahun 2018, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak laksanakan kegiatan sosialisasi dan publikasi di beberapa SMA/SMK di Wilayah Pontianak Kalimantan Barat.

Asisten Personel (Aspers) Danlantamal XII Pontianak Letkol Laut (KH) Drs. Martin Syamsudin yang diwakili oleh Pabanren Spers Lantamal XII Letkol Laut (KH) Kasmudi menyampaikan persyaratan pendaftaran secara umum menjadi calon prajurit TNI AL. Syarat tersebut diantaranya memiliki Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) sesuai dengan jenjang pendidikan yang dibutuhkan, warga negara Indonesia, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak cacat kriminalitas dan tidak kehilangan hak menjadi prajurit.

Adapun materi yang akan diujikan, untuk pengecekan tahap awal dilaksanakan oleh panitia daerah (Panda/Sub Panda) meliputi administrasi, kesehatan pertama dan postur sedangkan untuk ditingkat pusat dilaksanakan oleh panitia pusat (Panpus) di Lembaga Penyediaan Angkatan Laut (Lapetal) Malang meliputi pemeriksaan administrasi, kesehatan, kesegaran jasmani (kesegaran A,B, postur, keterampilan renang), pemeriksaan mental ideologi, pemeriksaan psikologi dan akademik,” Jelas Pabanren Spers.

Selanjutnya, XII Letkol Laut (KH) Kasmudi juga menegaskan dalam penerimaan calon prajurit TNI AL dalam jenjang pendidikan apapun sama sekali tidak dipungut biaya, oleh karena itu kepada para pemuda/pemudi yang berminat menjadi anggota TNI agar berhati – hati dan tidak mudah percaya apabila ada oknum yang menjanjikan kelulusan dalam penerimaan calon Prajurit TNI AL ini dengan membayar sejumlah uang.

Pada acara inti dari sosialisasi ini, para peserta dapat melihat berbagai macam tenue yang dimiliki oleh TNI AL serta mereka bisa mengajukan semua pertanyaan yang akan mereka sampaikan agar semua informasi tentang proses penerimaan calon prajurit TNI AL dapat mereka mengerti. Bahkan beberapa guru pendampingpun ikut serta dalam sesi tanya jawab tersebut. terlihat motivasi siswa – siswi mulai tumbuh untuk menjadi Prajurit TNI AL dan antusias  dalam mengikuti acara demi acara yang diadakan. TNI AL mengharapkan munculnya para calon prajurit yang berkualitas dan mumpuni untuk ditempa dan dilatih menjadi Prajurit TNI AL./*

Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *