Lantamal XII Hadir Dalam Dialog Interaktif Dengan Tema “Umkm Kalbar Tangguh Dimasa Pandemi Covid 19 Dan Tumbuh Untuk Kalbar Sejahtera”

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK : TNI AL – Lantamal XII : Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, yang diwakili oleh Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P. M.Si (Han), Rabu (09/02/2022), pukul 08.10 WIB s.d. 12.00 WIB, mengikuti acara pembukaan Dialog Interaktif dengan tema “UMKM Kalbar Tangguh dimasa Pandemi Covid 19 dan Tumbuh untuk Kalbar Sejahtera” dipimpin oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, bertempat di Meeting Room Takalar, Grand Mahkota Hotel Pontianak.

Acara didahului dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan doa, serta menyaksikan tayangan video Pembentukan Provinsi Kalbar dan perkembangannya, kemudian laporan panitia penyelenggara, oleh Ka. Badan Pengembangan SDM Prov. Kalbar.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, dalam kesempatan tersebut menyampaikan keprihatinannya karena meskipun UMKM di wilayah Kalbar terus tumbuh namun disayangkan pertumbuhan Omicron juga semakin meningkat. Saat ini pengusaha madu hutan di Kalbar semakin meningkat dengan harga 150 rb/botol, hal ini seharusnya menjadikan peluang bagi masyarakat Kalbar untuk berkreasi menjadikan produk madu bentuk sachet khas Kalbar sehingga harga jualnya akan lebih tinggi. Untuk mengurangi pengangguran di wilayah Kalbar, dapat diatasi dengan mengaktifkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Lanjut Gubernur bahwa Kalbar juga memiliki pelabuhan Export CPO yaitu Kijing, namun kenapa tidak ditunjang dengan Tanki Timbun, hal ini merupakan kesalahan. Keadaan ini tentunya dapat menjadikan perhatian agar kedepannya kegiatan Export CPO dapat berjalan terus dengan lancar dan menjadi lebih besar lagi, sehingga kedepan dapat meningkatkan pertumbuhan Prov. Kalbar.

 

Portal Berita Online ” POSTKOTAPONTIANAK.COM ” Mengucapkan Selamat HARI PERS NASIONAL ( HPN ) di Sulawesi Tenggara, 9 Februari 1946 – 9 Februari 2022 ” Pers Sehat, Bangsa Berdaulat “.

 

Saya berharap pelaku UMKM ini dapat meningkat dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada untuk menjadikan usaha yang lebih besar lagi, khusus para pelaku usaha mikro, jika bisa membaca peluang maka saya yakin akan dapat berkembang menjadi usaha yang lebih besar lagi. Saya akan terus mendorong segala aktifitas dan kreatifitas UMKM yang ada di Kalbar untuk dapat terus meningkatkan potensinya. “Demikian tegas Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum”.

Paparan Deputi bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM RI, tentang kondisi dan peluang UMKM Indonesia, issu sasaran strategis dan target perkembangan UMKM, dan arah kebijakan dan strategi transformasi UMKM 2020 – 2024, serta sinergi program deputi bidang UKM tahun 2022, Kemudian paparan Manager Keripik Makros Jaya Abadi tentang omset Usaha Keripik Makros Jaya Abadi (7 – 11 milyar), dan prinsip dasar usaha Keripik Makros Jaya Abadi (ikhlas, ikhtiar, iman), serta history usaha Keripik Makros. Selain itu juga membahas semboyan para seles (Bisnis kita adalah 99% sikap 1 %), dan makna kesuksesan usaha Keripik Makros Jaya Abadi (sukses adalah 1% inspirasi, 99% keringat). Sedangkan Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Univ. Tanjung Pura, membahas tentang Strategi UMKM di tengah Pendemi Civid 19, dan menjelaskan Komitmen Bank Kalbar seputar Unit usaha mikro.

Pejabat yang hadir dalam kegiatan Dialog Interaktif di Hotel Mahkota Pontianak antara lain Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ir. R.S. Hanung Harimba Rachman, S.E., M.Si., Sekda Prov. Kalbar, dr. Harisson, M.Kes., Pangdam XII/Tpr, diwakili oleh Kolonel Inf Mulyono, Kapolda Kalbar, diwakili AKBP Andi Harsito, Danlanud Supadio, diwakili Kadislog Kolonel Tek Aris Purnawan, S.T., dan Kadispotmar Lantamal XII, Letkol Laut (KH) Harazi, S.Ag.,M.M., serta pejabat instansi terkait lainnya./sumber DisPen Lantamal XII.

Publish Udin Subari.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.