Lagi Dewan, Apresiasi Kinerja Pemkab

SINTANG – Wakil ketua DPRD Sintang Tery Ibrahim menyampaikan  opini WTP diperoleh Pemerintah Kabupaten Sintang keenam kalinya berkat kerja keras Pemda dan DPRD tahun 2017 lalu.

“inilah adalah penilaian yang sangat luar biasa, proses juga sangat jelas dan memenuhi syarat, semoga opini WTP, bisa dijadikan acuan kedepan,”kata Terry.

Ia mengatakan, kinerja pemkab Sintang sangat baik dengan rentan waktu  satu tahun  yang lalu. Dan, Sintang mampu menyelesaikan dengan sempurna.

BPK ini adalah badan independen, sehingga dalam menentukan hasil pemeriksaan pasti dilakukan secara professional,”kata Terry.

Disinggung adanya catatan-catatan singkat BPK atas laporan  keuangan daerah Sintang untuk menjadikan ini sebagai evaluasi dan tetap  berhati-hati dalam mengelola keuangan daerah.

Saya harap pemerintah untuk terus bekerja keras untuk mempertahankan predikat ini dan kita juga sudah mengingatkan agar setiap OPD agar lebih teliti dalam menyampaikan laporannya sehingga BPK  bukan lawan melainkan kawan untuk bersama-sama membangun negeri,”katanya.

Apolonaris Biong Inspektur Kabupaten Sintang menjelaskan opini WTP membuktikan sinergisitas semua OPD yang mampu mempersiapkan kriteria sebagai persyaratan memperoleh opini WTP.

“kami inspektorat hanya sebagai lembaga yang mengawasi dan mengarahkn semua OPD  supaya  membuat perencanaan, pelaaksanaan dan pertanggungjawaban  yang benar sehingga diperoleh nilai kepatuhan  terhadap peraturan perundang – undangan yang berlaku,”jelasnya.

Kepala Badan Pengolalaan Keuangan dan Aset Daerah  Joni Sianturi menjelaskan mulai tahun 2019, Pemkab Sintang Sudah mulai menerapkan e-planning dan e-budgeting. “penerapan ini selain karena tuntutan masa kini juga konsekuensi opini WTP.

“Karena kita harus meningkatkan dalam banyak hal,”katanya.(red)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *