Kunungan Kerja Wasrik Sektoral ITKOARMABAR Ke Pos TNI AL Di Jajaran LANTAMAL XII Pontianak

( KUNJUNGAN TIM WASRIK DIPOSAL PALOH./ Foto dok Dispen )

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( PALOH ) – Sebagai kelanjutan dari rangkaian kegiatan Wasrik Inspektorat Komando Armada RI Armada Barat (Itkoramabar) yang dipimpin oleh  Inspektur Koarmabar (Irkoarmabar) Kolonel Laut (P) Hargianto, M.M, M. Si., (Han) di Markas Komando Lantamal XII Pontianak, tim Wasrik melakukan pengecekan ke Pos-pos TNI AL yang berada di Jajaran Lantamal XII  Pontianak.

Kunjungan kerja Tim Wasrik Sektoral Itkoarmabar tersebut dilaksanakan dalam rangka meninjau dan melihat secara langsung perkembangan dan kondisi Pos TNI AL yang akan dijadikan Pangkalan TNI AL (Lanal) di jajaran Lantamal XII Pontianak, Tim Wasrik melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang terdapat di pangkalan serta menanyakan kendala-kendala yang dihadapi dan ditemui selama dalam penugasan termasuk tugas dan kegiatan-kegiatan Komsos yang dilakukan anggota dengan masyarakat setempat. Setelah pengecekan lahan Rumah Dinas (Rumdis) Perumpera dilanjutkan dengan peninjauan Pos TNI AL Paloh.

( KUNJUNGAN TIM WASRIK KE POSMAT BENGKAYANG./Foto Dok Dispen )

Asops Danlantamal XII Pontianak Letkol laut(P) Edi Heryanto yang turut mendampingi dalam kunjungan tersebut mengatakan bahwa Posal Paloh merupakan Pos TNI AL yang berada di Desa sebubus Kec. Paloh Kab Sambas Provinsi Kalimantan Barat pada posisi 01 49’00’LU – 109 20’00’’BT, dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis yang terjadi di kawasan Laut perairan Natuna, Selat Malaka maupun Selat Karimata serta wilayah perbatasan darat dan laut dengan Malaysia bagian Timur (Serawak). Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut  khususnya Lantamal XII Pontianak memandang perlu untuk membangun kekuatan TNI Angkatan Laut di wilayah Kalimantan Barat yang akan memperkuat Pangkalan TNI Angkatan Laut di Kalimantan Barat dan akan meningkatkan Posal Paloh kelas A menjadi Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal Sambas) Type C di Kabupaten Sambas dengan demikian rencana pengembangan Pangkalan TNI Angkatan Laut di Kabupaten Sambas merupakan rencana yang diharapkan mampu mengantisipasi setiap bentuk ancaman yang akan terjadi.

Setelah selesai di Pos TNI AL Paloh rombongan menuju ke Pos Pengamat (Posmat) Pemangkat dan Posmat Bengkayang. Di Posmat Pemangkat, Irkoarmabar Kolonel Laut (P) Hargianto, M.M, M. Si., (Han) menegaskan kepada Para Pengawak Pos TNI Angkatan Laut bahwa unsur TNI, Polri, Bea Cukai serta unsur lainnya yang terlibat dalam pengamanan batas, agar menjaga kekompakan, kerjasama dan berkoordinasi dengan baik sehingga dapat melaksanakan tugas sesuai dengan yang diharapkan, jangan ada perselisihan karena akan menurunkan Citra kita baik TNI maupun Polri./***

Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *