Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Tugu Khatulistiwa Pontianak Kalbar

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK : Kamis (10/2/2022) sekitar pukul 06.45 wib, bertempat di Tugu Khatulistiwa Jalan Khatulistiwa Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara – Pontianak Kalimantan Barat, berlangsung Kegiatan kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA.

Pada kegiatan tersebut dihadiri, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI beserta rombongan, H. Sutarmidji, SH, M.Hum selaku Gubernur Kalbar, Brigjel Pol. Rudy Tranggono selaku Ka Binda Prov. Kalbar, dr. Harisson, M.Kes selaku Sekda Prov. Kalbar, Windy Prihastari, S.STP, M.Si selaku Kadispropar Prov. Kalbar, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT selaku Walikota Pontianak dan Ir. H. Syarif Saleh selaku Kadispropar Kota Pontianak.

Sambutan Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT menyampaikan
bahwa Tugu Khatulistiwa merupakan Ikon Kota Pontianak yang mana saat ini kawasan Tugu Khatulistiwa ini sedang terkendala permasalahan lahan.

 

 

Lahan berdirinya Tugu Khatulistiwa ini merupakan lahan milik Kodam XII Tanjungpura namun Pemkot Kota Pontianak sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kodam, jelas Edy Kamtono.

Kata Wali kota, dengan kedatangan Bapak Menteri kami merasa senang dan kami akan mengintenskan komunikasi dengan pihak kementerian terkait permasalahan tersebut.

Sementara dalam sambutan Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan,
kami mengajak Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) disetiap daerah untuk bersama-sama menerapkan 3G.

Menurutnya, 3G adalah gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol.

Lanjut Menteri Pariwisata dan Ekonomi mengharapkan, Kadispar sama-sama membuat inovasi untuk memetakan potensi dan penguatan sektor pariwisata dan kami mengajak Kadispar untuk sama-sama gerak bersama melakukan adaptasi dengan disiplin menerapkan CHSE atau K4 (kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlangsungan lingkungan).

” Jadi ke depan, tujuannya adalah menjalani mandat dari Presiden Joko Widodo untuk bangkitkan pariwisata Indonesia dengan standar K4 demi menjaring wisatawan domestik khususnya, dan wisatawan mancanegara,”ujar Sandiaga Uno.

Dikonfirmasi terkait kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, IPTU Hamdani Kasi Humas Polsek Pontianak Utara mengatakan bahwa selama kegiatan di Tugu Khatulistiwa berlangsung dan telah dilakukan pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup oleh Personil Polsek Pontianak Utara yang dipimpin langsung oleh AKP Suryadi, SH.M.Ap selaku Kapolsek.

Selain itu jelas IPTU Hamdani, adapun rangkaian kegiatan seperti Wisata susur sungai dan kunjungan ke Tugu Khatulistiwa (start dari Taman Alun Kapuas – Finish Tugu Khatulistiwa), Persembahan Tarian Cindayu,
Kegiatan bersih-bersih Tugu Khatulistiwa.

Penyerahan Bantuan CHSE secara simbolis oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kepada Walikota Pontianak, Penyerahan Cindera Mata dari Walikota Pontianak kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Peninjauan Monumen Tugu Khatulistiwa, ungkap Kasi Humas Pontianak Utara.

Kegiatan selesai sekira pukul 08.10 wib, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif,tutup IPTU Hamdani./*

Dhien Subari.

Member Of Dewan Pers

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.