KPU Melawi Tetapkan Dua Kandidat Lolos Penetapan Pilkada Serentak

POSTKOTAPONTIANAK ! MELAWI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Melawi, memutuskan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati menjadi calon bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti pilkada 9 Desember 2015 mendatang.

KPU./ist
KPU./ist

Ketua KPU Kabupaten Melawi Julita mengatakan, penetapan calon bupati ini sesuai dengan hasil rapat pleno tertutup yang dihadiri seluruh komisioner KPU.dan dari masing-masing. Calon sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi calon bupati dan wakil bupati kabupaten Melawi yang akan dilaksanakan 9 Desember 2015.

“Pada hari ini, kita sudah melaksanakan rapat pleno sesuai dengan masa pendaftaran, dan kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Melawi ini sudah memenuhi persyaratan,” kata Julita kepada wartawan usai melaksanakan rapat pleno di Sekretariat KPU Melawi Senin (24/8/2015).

Julita menjelaskan, penetapan kedua pasangan calon sesuai dengan berita acara Rapat Pleno KPU Melawi Nomor 51/BA/VIII/2015, Surat Keputusan KPU, Nomor 46/kpts/KPU-Kab/MLW-015.015.436409/VIII dan Pengumuman Nomor : 190/KPU-KAB/MLW-015.436409/VIII/2015 tentang Penetapan sangan calon bupati dan calon wakil bupati pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Melawi tahun 2015.

“Kita sudah melakukan proses penelitian berdasarkan dokumen yang ada,kita melakukan proses yang begitu panjang sejak 28 Juli hingga 8 Agustus,” kata.

Dia menambahkan, penetapan ini berdasarkan ketentuan pasal 67 ayat (3) PKPU Nomor 09 Tahun 2015 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau walikota dan wakil Walikota sebagaimana telah diubah dengan PKPU Nomor 12 Tahun 2015.

Kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Melawi yang sudah ditetapkan KPU Melawi yaitu, H. Firman Muntaco SH.MH-John Murkanto Ajan,Msi yang di usung delapan (8) Parpol Koalisi (Golkar,Demokrat, PKPI, PPP, Gerindra, PKB, PAN, PKS) dan pasangan Panji-Dadi (PDI-Perjuangan, NASDEM, HANURA).

Abang Tajudin ketua Tim pemenangan dari pasangan Firman-John merasa tenang dan gembira setelah pihak KPU sudah menyatakan kedua calon bupati dan wakil bupati Melawi ini memenuhi syarat.

“Saya sebagai ketua tim pemenangan dari pasangan calon bupati dan wakil bupati Melawi Firman Muntaco-John Murkanto Ajan merasa tenang karena KPU sudah menggesahkan persyaratan calon yang didukungnya,” ungkap Tajudin kepada awak media usai penetapan KPU.

Tajudin melanjutkan, untuk selanjut besok (hari ini-red) kedua calon melakukan cabut undi nomor urut yang akan dilaksanakan di pendopo bupati Melawi,

“Ya saya berharap bahwa calon yang saya dukung mendapat nomor undi ke dua,” ujarnya.

Menjelaskan tentang keinginan untuk calon yang didukungnya mendapat nomor 2 Abang Tajudin menjelaskan, karena calon yang dia dukung hanya meneruskan kerjaan yang belum tuntas dan melanjutkan hal lainnya,

“Nomor undi dua bagi calon yang saya dukung itu sangat pantas sekali dengan motto beliau ( Firman-John) “lanjutkan”. Motto tersebut untuk melanjutkan pekerjaannya yang belum selesai setelah masa jabatannya habis, oleh karena itu beliau mencalonkan diri lagi menjadi bupati Melawi yang ke dua periode 2016-2021,” jelasnya.

Di saat penetapan ke dua calon bupati dan wakil bupati Melawi yang dilaksanakan di kantor KPU Melawi ini, puluhan massa pendukung dari pasangan Firman-John memenuhi areal halaman KPU tersebut. Selain itu juga puluhan aparat kepolisian Polres Melawi diterjunkan untuk melakukan pengamanan,

Kapolres Melawi AKBP Cornelis mengatakan, untuk menghadapi Pilkada serentak di kabupaten Melawi ini pihaknya meminta bantuan Polda Kalbar menerjunkan 2 pleton.

“Kita minta jajaran Polda Kalbar untuk menurunkan 2 pleton anggota Shabara untuk melakukan pengamanan Pilkada di Melawi ini,” ujarnya.

Kapolres Melawi ini melanjutkan, prediksi pilkada di kabupaten Melawi ini di jamin aman dan tidak akan ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan,

“Saya yakinkan untuk Pilkada di Melawi ini aman, dan bantuan dari Polda nantinya kita terjunkan ke masing-masing kecamatan usai KPU sudah memulai kampanye bagi para calon,” jelasnya./*/fr


One thought on “KPU Melawi Tetapkan Dua Kandidat Lolos Penetapan Pilkada Serentak

  1. Beritanya kurabg valid, terutama dibagian nomor BA dan Kep KPU nya. Setahu saya, utk BA Nomor : 28 / BA / VIII / 2015, utk Kepnya itu No. 25. Semoga ke depan lebih akurat dlm memberitakan

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *