KPU Hanya Terima Dukungan yang sama di Partai terpecah

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Masih adanya folemik di internal partai Politik Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara Nasional berdampak pada dukungan Partai terhadap calon-calon kepala daerah yang akan

iLUSTRASI
iLUSTRASI

mengikuti Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati.

Menanggapi hal tersebut,Demisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau,Marcelinus Daniar SH yang membidangi devisi Hukum dan pendaftaran bakal calon di konfirmasi postkotapontianak.com mengatakan pihaknya juga masih menunggu arahan KPU pusat mengenai mekanisme pencalonan dan dukungan untuk menerima dukungan parpol yang berkonflik.

“Walau begitu,kita pastikan KPU tetap mengakomodir dukungan partai yang berkonflik dengan catatan kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang di dukung sama antara kedua kubu dalam partai yang terpecah,”tegas Marcel.

Mengenai keputusan dukungan kandidat mana yang akan di usung oleh masing-masing kubu dalam partai  di kembalikan ke Partai dengan jalan islah atau ada kesepakatan bersama.

Sedangkan dukungan dalam bentuk rekomendasi kepada kandidat pasangan  calon dikeluarkan DPP Partai masing-masing.

” maka rekomendasi tersebut diputuskan di tingkat DPP dengan putusan islah  dan turun sampai ke pengurus di Provinsi dan Kabupaten,Kota,”sambungnya

Dijelaskan Marcel, nantinya dalam format dukungan kepada kandidat bakal calon Bupati – Wakil Bupati yang di usung parpol yang berkonflik harus disertai  berita acara kesepakatan kedua kubu mengusung kandidat yang sama dan ditandatagani oleh pengurus kedua kubu yang terdiri dari pengurus inti seperti partai.

“Pendaftaran Bakal Calon Kandidat Bupati – Wakil akan dibuka pada tanggal 26 sampai dengan  28 Juli 2015.pukul,08.00 sampai dengan  16.00 wib,”ujar dia.
Adapun sayarat pendaftaran Kandidat antara lain,Parpol Pendukung memenuhi 20 persen kursi.minimal 6 kursi di DPRD dari 30 kursi.Melampirkan surat rekomendasi pencalonan dari partai pusat.Melampirkan kepengurusan parpol.untuk PPP/Golkar melampirkan ke 2 pengurus parpol.
Melampirkan hasil/berita acara koalisi partai.

sementara itu,H.Isnaini S.IP.M.Si ketua Haria Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Golkar Kubu Abu Rizal Bakri Kabupaten Sekadau di konfirmasi postkotapontianak,com mengatakan secara garis partai antara kubu agung laksono dan abu Rizal Bakhri dimungkinkan sudah ada kesepakatan islah untuk memberikan dukungan kepada calon-calon kepala daerah yang di dukung partai golkar secara Nasional

Islah dengan jalan kedua kubu bersama-sama memberikan rekomendasi kepada pasangan calon Bupati-Wakil Bupati yang sama di daerah pelaksana Pemilukada.

“Untuk Kabupaten Sekadau Rekomendasi dukungan pasangan calon selain oleh DPP Golkar juga akan di bubuhi tandatangan pengurus partai Golkar masing-masing kubu (Agung-Ical) di tandatangani 3 pengurus inti partai,”jelas dia.

Meski demikian,disebapkan kodisi fisik dirinya yang masih dalam keadaan tidak sehat,Isnaini mengakui tidak terlalu mengikuti perkembangan sejauh mana hasil atau komunikasi antara pengurus DPD Golkar baik di kubu Agung maupun Abu Rizal.

Terpisah,Suharto.Sekjen DPD Partai Golkar Agung Laksono Kabupaten Sekadau dikonfirmasi media ini menjelaskan bahwa dalam pemberian dukungan kepada bakal calon kandidat, masing-masing kubu mengajukan kandidat bakal calon. Bupati-Wakil Bupati kepada DPP.

“sampai saat ini kami belummendapatkan sosialisasi tata cara dukungan pencalonan kandidat Bupati-Wakil Bupati  untuk partai yang terpecah,”tegasnya.   Dengan demikian ia mengakui masih menunggu informasi dan aturan main dalam PKPU di KPUD Sekadau.(mus)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *