KPK Siap Telusuri Rekam Jejak Jenderal Gatot dan Sutiyoso

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Gatot Nurmantyo calon Panglima TNI (D.A. Pitaloka/Malang)
Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Gatot Nurmantyo calon Panglima TNI (D.A. Pitaloka/Malang)

JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kesiapannya jika diminta menelusuri rekam jejak calon Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso. Keduanya telah resmi diajukan oleh Presiden Joko Widodo ke DPR.

“Jika memang diminta untuk membantu menelusuri rekam jejak, KPK siap,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, dalam pesan singkatnya, Kamis, 11 Juni 2015.

Hal senada disampaikan Pelaksana Tugas pimpinan KPK, Johan Budi. Meski belum menerima permintaan secara resmi, Johan mengaku siap melakukan penelusuran, termasuk menelisik harta kekayaan keduanya. Namun, Johan menyebut, pihaknya tidak dalam kapasitas memberi penilaian layak atau tidaknya kedua calon pilihan Presiden Jokowi itu.

“KPK hanya akan menyerahkan hasil temuan dari penelusuran yang dilakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR, Syaifullah Tamliha mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim klarifikasi yang akan membantu menelusuri dan mempelajari profil Sutiyoso. Tim itu melibatkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan KPK.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan itu menambahkan, tim klarifikasi tidak hanya disiapkan untuk calon Kepala BIN, melainkan juga untuk memeriksa profil calon Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

Tim itu akan dibentuk setelah surat Presiden Joko Widodo dibacakan dalam Rapat Paripurna. “Kita harapkan sebelum masa sidang selesai, kita punya Panglima dan Kepala BIN yang baru,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden menunjuk Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN dan Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI pada Selasa, 9 Juni 2015. Sutiyoso akan menggantikan Marciano Norman dan Gatot Nurmantyo akan menggantikan posisi Jenderal Moeldoko.(mus)/(vv)/radar-indo


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *