Korindo unit Usaha Perkebunan (KTH) Tanggap dan Peduli Terhadap Warga Arut Utara Kalteng

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Kota Waringin ) – Bencana banjir yang melanda kabupaten Kotawaringan Barat kecamatan Arut Utara, Kalimantan Tengah, musibah banjir melanda wilayah ini sudah berlangsung selama dua minggu belum juga surut.

Melihat keadaan tersebut Mr. Park Jong Myung selaku Direktur Korintiga Hutani mengatakan kalau bantuan ini
sebagai bentuk rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan
itu beroperasi, melalui bagaian dari program Corporate Social Responsibiliti (CSR) PT.Korintiga Hutani (KTH) terus
berusaha untuk turut mensejahterakan masyarakat sekitar di wilayah Kecamatan Arut Utara (Aruta), dengan memberikan bantuan bagi korban musibah bencana banjir yang melanda hampir di seluruh Desa di bagian hulu Kabupaten Kotawaringin Barat.

Warga Kecamatan Arut Utara (Aruta) awalnya tidak menduga kalau PT.Korintiga Hutani yang merupakan salah satu anak perusahaan PT.Korindo itu akan membantu warga Aruta yang terkena musibah banjir air pasang, karena dalam dua pekan banjir belum ada tanda-tanda akan memberikan bantuan akan perkembangan bencana banjir air pasang di Kecamatan Arut Utara, Sabtu kemarin (11/03/2017), dengan iring-iringan dua unit truk besar membawa barang yang tertutup terpal warna orange dan salah satunya bertuliskan PT.Korintiga Hutani, Posko Pelayanan Kesehatan dan Bantuan Banjir Kecamatan Arut Utara Tahun 2017, dan dibawahnya tertulis nama Kelurahan dan desa yang terkena dampak banjir tersebut.

Mr.Park mengatakan, PT.Korintiga Hutani tidak hanya menyalurkan bantuan sembako saat terjadi musibah banjir, PT. Korintiga Hutani juga menyiapkan bantuan pasca banjir dengan mengerahkan tenaga medis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat, untuk mendatangi langsung rumah-rumah warga dan memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma. Mr. Park Jong Myung dan setelah itu dilakukan penyerahan secara simbolis oleh tiga orang perwakilan warga yang terkena musibah banjir tersebut, dengan menyerahkan satu
karung beras, satu dus mie instan, dan air mineral dalam kemasam, masing-masibg diserahkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kotawaringin Barat, Hermon F Lion, Kadinkes Kotawaringin Barat, drg.Dwi Ratna.S dan Direktur Korintiga Hutani Mr. Park Jong Myung.

Bantuan sebanyak 300 dus air minum dalam kemasan, 4 ton beras, 210 dus mie instan, serta obat-obatan diserahkan langsung oleh pihak perusahaan PT Korintiga Hutani kepada Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan total dana bantuan sebesar Rp.100.040.000,- ( seratus juta empat puluh ribu rupiah).

Park menambahkan, Korintiga selalu siap bekerja sama dengan pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak akibat bencana banjir.

Tak hanya bantuan bagi korban banjir, ia juga menghimbau kepada warga, agar melaporkan jika ada permasalahan di masyarakat, baik itu tentang pembangunan jembatan, bantuan kemanusiaan, ataupun keperluan lainnya, selama untuk kepentingan masyarakat banyak, Perusahaan Korintiga siap membantu.

Kepala Pelaksana BPBD Kotawaringin Barat, Hermon F Lion mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi respon dari perusahaan terhadap korban musibah banjir Aruta. “Jadi, mulai banjir kemarin semua pihak baik dari pemerintah, perusahaan, bergerak dengan seksama bersama relawan. Hari ini, kita menerima kembali bantuan dari Korintiga Hutani, berupa sembako dan juga tim medis pelayanan kesehatan, ini suatu hal yang luar biasa, karena selama ini kita hanya menerima bantuan sembako, kadang yang terlupakan itu pascanya, yaitu pasca bencana yang identik dengan timbulnya penyakit, mereka juga membantu kita bersama dengan Dinas Kesehata untuk melakukan pelayanan kesehatan mulai dari desa Panahan sampai semua desa yang terdampak.

Mudah-mudahan dengan adanya ini, perusahaan yang lain juga bisa turut membantu,” Kata Hermon mewakili masyarakat saat menerima bantuan./ Har-Ray/(abePKP)  // foto : dok SNN //


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *