Koramil Lakukan Tindakan Pencegahan Agar Kebakaran Tak Meluas

POSTKOTAPONTIANAK.COM

LANDAK KALAR – – Berdasarkan laporan warga masyarakat, menemukan titik api yang membakar sebuah lahan, Sabtu (08/08/2020), pukul 08.00 wib di wilayah Koramil 1201-10/menyuke.

Temuan inipun membuat personel Koramil 1201-10/menyuke bersama warga langsung melaksanakan patroli guna melakukan pengecekan titik api (hot spot) di beberapa tempat di wilayah Desa Meranti Kecamatan Meranti Kabupaten Landak.

“Dalam kegiatan tersebut ditemukan lahan bekas terbakar berupa ladang atau kebun kosong yang diperkirakan untuk tanam padi atau jagung, luas lahan terbakar di perkirakan 1,5 ha, dan pemilik lahan sampai saat ini tidak diketahui,” ucap Danramil.

Sehingga petugas segera melakukan pencegahan agar tidak terjadi meluasnya pembakaran dan memberikan himbauan terhadap masyarakat.

“Diketahui Lokasi titik HS terletak pada Co.109,7474-06705, lokasi tersebut masuk
Desa Meranti Kecamatan Meranti Kabupaten Landak,” ucap Danramil.

“Dengan kejadian tersebut, personel terdiri dari 11 orang, yaitu anggota Koramil 1201/10 Menyuke 6 orang, warga masyarakat 1 orang, dan pihak Damkar 4 orang, dengan keterbatas alat yang dimiliki, jadi kita gunakan 8 sepmot dan alat manual untuk memadamkan api yang masih menyala,” jelas Danramil.

Lanjutnya dikatakan dalam menanggapi cuaca kemarau ini selalu siap siaga dilakukan berbagai upaya pencegahan seperti patroli dan sosialisasi stop Karhutla kepada masyarakat.

Pada pelaksanaannya personel Koramil 1201/10 Menyuke juga melakukan himbauan agar masyarakat jangan melakukan pembakaran lahan, sehingga kasus pembakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir.

“Mengatasi temuan titik api tersebut langkah yang kita ambil adalah melanjutkan pengawasan dan meyakinkan api betul- betul padam di lokasi dan menghimbau kepada masyarakat utk tidak membuka lahan dengan cara membakar,” jelas Danramil.(Guns).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *