Komsos Kreatif Kodim 1201/Mph, Gelar Pencak Silat Tradisional Berdayakan Kearifan Lokal

POSTOTAPONTIANAK.COM

Mempawah – Melestarikan kebudayaan bangsa dalam bentuk olahraga merupakan salah satu program Kodim 1201/Mph dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Triwulan I Tahun Anggaran 2020.

Bentuk program pelestarian kebudayaan bangsa bentuk olahraga dengan melaksana Pagelaran Pencak Silat Tradisional, pelaksanakan kegiatan di Aula Makodim 1201/Mph. Kamis (09/07/2020).

Kasdim 1201/Mph Mayor.Inf. Andreas melalui Pasiter Kodim 1201/Mph Kapten.Czi. Joko Umbaran dalam acara tersebut memberikan sambutannya, bahwa kegiatan Komsos Kreatif yang dikemas dalam Pagelaran Pencak Silat adalah upaya untuk memberdayakan potensi kearifan lokal, sehingga dapat tumbuh dan berkembang sebagai kekayaan dan khasanah budaya bangsa serta dapat membentuk sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan adaptif.

Lanjutnya, dengan dilaksanakannya kegitan ini, harapan menjadi momentum berharga dan bukan hanya sebagai ajang pagelaran saja namun merupakan upaya untuk mengembangkan minat dan bakat serta potensi kreatifitas yang dimiliki oleh peserta.

Selain itu juga kegiatan Pagelaran Pencak Silat Tradisional ini mampu memahami pesan yang terkandung dalam pencak silat, mampu menciptakan berbagai cara dan sarana diantaranya dengan pengembangan “jurus” kedalam bentuk seni dan olahraga yang dapat memberikan kesejahteraan lahir dan batin, tambahnya.

“Kegiatan Komsos Kreatif yang dikemas dalam Pagelaran Pencak Silat adalah upaya untuk memberdayakan potensi kearifan lokal, sehingga dapat tumbuh dan berkembang sebagai kekayaan dan khasanah budaya bangsa serta dapat membentuk sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan adaptif,” ucap Pasiter Kodim.

“Pagelaran Pencak Silat Tradisional ini dibuka secara resmi oleh Kasdim 1201/Mph. Mayor.Inf. Andreas dan ditampilkan pagelaran pencak silat oleh masing-masing perguruan silat, selain itu usai acara pembukaan dilaksanakan foto bersama dan pemberian cinderamata oleh Kasdim, teriring ucapan terima kasih atas antusiasme dan partisipasi seluruh peserta dalam kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana dengan meriah,” ucap Pasiter Kodim.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami diterapkan juga protokol kesehatan, dengan mengharuskan seluruh yang hadir cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dicek suhu tubuh dan jaga jarak/tidak berkerumun, karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sampaikannya bahwa Komsos Kreatif Pagelaran Pencak Silat Tradisional ini juga merupakan salah satu Program Kerja Kodim  Bidang Teritorial Tahun Anggaran 2020, dengan tujuan untuk menjalin komunikasi sosial kreatif yang sehat dan harmonis, melalui pentas seni budaya olahraga sosial serta untuk meningkatkan tali silaturahmi Prajurit Kodim dengan segenap komponen masyarakat

“Dengan dilaksanakannnya kegiatan ini, berharap dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi serta hubungan silahturahmi antar perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Mempawah,” ucap Pasiter Kodim 1201/Mph. Kapten.Czi. Joko Umbaran.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *