KOMANDAN STTAL PIMPIN UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-111, 20 MEI 2019

Surabaya, Peringatan Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019 di laksanakan Civitas Akademika STTAL yang di pimpin Komandan STTAL (Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M.Phil di lapangan Kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Senin (20/5/2019)

Upacara peringatan Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019 di awali , Penghormatan pasukan kepada Irup, pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Irup di ikuti pasukan upacara, pembacaan UUD 1945, pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca prasetya korpri, pembacaan amanat oleh Irup, menyanyikan lagu perjuangan yakni padamu negeri dan satu nusa satu bangsa oleh seluruh peserta upacara, pembacaan doa dan Andhika Bhayangkari.

Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara yang di bacakan Komandan STTAL menyampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Pulau Rote, dalam naskah Sumpah Palapa pada kitab Pararaton tertulis ” Sira Gajah Madapatih Amangkubumi Tan Ayun Amuktia Palapa, Sira Gajah Mada: Lamun Huwus Kalah Nusantara Isun Amukti Palapa, Tanjung Pura, Ring Haru, Ring Pahang, Dompo, Ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Samana Isun Amukti Palapa.”

Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia wilayah Nusantara yang di satukan oleh gajah mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para Pahlawan Nasional untuk mengikat wilayah Indonesia secara De Jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Peringatan hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 , 20 Mei 2019, sangat relevan jika dimaknai teks Sumpah Palapa, kita dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat untuk mengaspirasikan pilihan yang berbeda dalam Pemilu dengan niatan kebaikan bangsa.

Tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif berlangsung dengan lancar berkat pengorbanan banyak saudara kita yang menjadi kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan pengorbanan nyawa, sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses Pemilu, kita doakan bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi dengan kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanannya bersama-sama menunggu ketetapan penghitungan suara resmi yang akan di umumkan oleh lembaga yang di tunjuk oleh Undang-undang dalam waktu tidak lama lagi.

Sebagaimana diserukan Presiden RI Joko Widodo pada pidato di depan sidang tahunan Majelias Permusyawaratan Rakyat RI Tahun 2018, dari tanah minang kita di imbau dengan petuah “Barek Samo Dipikua, Ringan Samo Dijinjing” dari Sunda, dari Bumi Mamiri, dari Bumi Gora, dari Banua Banjar kita bersama-sama menjunjung “Waja Sampai Kaputing”. kesemuanya menganjurkan bekerja secara gotong-royong.

Dengan tema ” Bangkit untuk bersatu”. kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam akhir sambutannya mengucapakan selamat memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ke seratus sebelas,seraya mengajak agar kita sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan ini dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.

Upacara peringatan hari Kebangkitan Nasional ke-111, 20 Mei 2019, di hadiri Wadan STTAL,Seklem, Direktur, Kapokdos,Kaprodi, Kasatker, seluruh personel, PNS serta para mahasiswa STTAL./rls.

//Penerangan STTAL//


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *