Komandan STTAL Pimpin Konsorsium Keilmuan Teknologi Pertahanan Siber STTAL

TNI AL – STTAL Jakarta, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M. Phil., membuka konsorsium keilmuan teknologi pertahanan siber dalam rangka pembukaan Prodi D-3 teknologi pertahanan siber STTAL di hadiri Kadisinfolahtal, Kemhan RI, STSN, Spersal, Satsiber TNI, Srenal serta Kapokdos STTAL, Direktur Diploma STTAL, Kaprodi Diploma T.Informatika STTAL, Ka.PTIK STTAL bertempat di Rupat Gd. Mahameru Hidro-Oseanografi STTAL Jl. Pantai Kuta, Ancol Jakarta Utara. Kamis (12/12/2019)

Dalam amanatnya Komandan STTAL menyampaikan, di hari yang istimewa ini kita dapat bersama-sama dalam rapat konsorsium keilmuan dalam rangka rencana pembukaan program studi D-3 teknologi pertahanan siber di STTAL.

Terasa sangat istimewa bagi STTAL atas kehadiran para narasumber, yang hadir dan akan membawa perubahan sangat besar dalam sejarah keilmuan di bidang siber, khususnya bidang teknologi pertahanan siber yang akan di buka sebagai salah-satu Program Studi Diploma/ D-3 di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya.

Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan kehadirannya, bahwa perkembangan lingkungan strategis global di Era Revolusi Industri 4.0, yang di tandai dengan tergelarnya Big Data, Cyber Security dan Autonomus Systim, telah menghadirkan peradaban baru yakni Era Digitalisasi, namun seiring dengan meluasnya pendayagunaan teknologi informasi, muncul berbagai macam bentuk ancaman, kejahatan dan penyalahgunaan kegiatan transaksi elektronik yang tidak hanya terjadi pada skala global, namun sudah merambah pada skala regional dan nasional, bahkan berimplikasi pada organisasi TNI/TNI AL.

Isu adanya peperangan siber diramalkan banyak peneliti dapat memicu ketegangan antar negara di dunia maya, perang inilah yang kemudian di sebut sebagai perang siber, fenomena peperangan siber kini menjadi kendala baru bagi TNI, sehingga diperlukan penyiapan SDM yang berkualitas di bidang siber.

STTAL sebagai perguruan tinggi yang bergerak dalam bidang pengembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) khususnya di bidang kemiliteran kemaritiman dan keangkatanlautan berupaya menyiapkan SDM TNI/TNI AL yang memiliki keahlian dan keterampilan di bidang teknologi pertahanan siber.

Disamping itu STTAL juga sedang merumuskan suatu sistem teknologi informasi melalui dunia maya, berdasarkan kebutuhan yang mendasar, maka STTAL berencana membuka Prodi D-3 teknologi pertahanan siber ,(Cyber Defence Technology)

Dalam rangka mewujudkan Prodi D-3 teknologi pertahanan siber, Lembaga Pendidikan STTAL telah melakukan langkah awal yang kami anggap cukup strategis yakni melaksanakan stusi banding di beberapa instansi dan perguruan tinggi terkait siber yakni Pusat Siber ITB, Prodi Cyber LAW Universitas Padjajaran, Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Labpamsisjar Mabesal, Kemenhan RI, melalui kegiatan studi banding tersebut, mendapatkan banyak masukan yang berharga terkait dengan konten kurikulum Prodi D-3 teknologi pertahanan siber yang akan dibuka dalam waktu dekat di STTAL.

Diharapkan konsep kurikulum Prodi D-3 teknologi
pertahanan siber melalui diskusi ini para narasumber dapat memberikan masukan untuk penyempurnaan konsep sehingga menjadi konsep kurikulum yang tervalidasi.
selanjutnya usai sambutan di teruskan penyampaian paparan dari masing-masing narasumber terkait serta diskusi.

Hadir dalam konsorsium, Kadisinfolahtal Laksamana Pertama TNI Aria Cakra Wibawa, M.Q., GDAIS., Pushansiber Bainstrahan Kemhan R.I Kolonel Ir. Bagus Artiadi S. M.Si., Paban III Dik Spersal Kolonel Laut(P) Agung MKS, Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Obrina Candra, SatSiber TNI Letkol Laut (E) Arsyam Wahid, Ban II Jemen Srenal Letkol.Laut (S) Christian, serta pejabat STTAL Kapokdos STTAL Kolonel Laut (P) R. Bambang Ispi B, S.T., M.Si.,
Direktur Diploma STTAL Kolonel Laut (KH) Dr. Ahmadi, S.Si., M.T., Ka. Prodi D-3 Teknik Informatika STTAL Letkol Laut (E) Suprayitno, S.Si., M. MT., Ka PTIK STTAL Mayor Laut (E) Arie Marbandi, S.Kom., M.T./*

SUMBER :  PENERANGAN STTAL.

PUBLISH : POSTKOTAPONTIANAK.COM/Udin Subari.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *