Komandan STTAL Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi Surabaya

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SURABAYA – TNI AL-STTAL Surabaya. Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. menghadiri Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Inspektur Upacara Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jl. Gubernur Suryo No. 7 Surabaya. Senin (17/08/2020).

Jika pada tahun sebelumnya, Upacara di Gedung Negara Grahadi Surabaya berlangsung mulai pukul 10.00 WIB, kali ini Upacara dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB. Setelah selesai Upacara di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Gubernur Jatim dan pejabat Forkopimda Jatim serta Undangan menuju ke dalam ruang Wilwatikta Gedung Negara Grahadi Surabaya, untuk mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Dalam Rangka Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 secara Daring dengan Pemerintah Pusat di Istana Negara Jakarta dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dikarenakan situasi dan kondisi masih dalam masa Pandemi Covid-19 sehingga ada pengubahan saat Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih, yakni Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 RI di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 17 Agustus 2020 kali ini hanya terdiri atas tiga orang, kalau pada upacara tahun-tahun sebelumnya, selalu dilakukan oleh 70 petugas atau pasukan 17, 8 dan 45. Selain itu, dari sisi pasukan upacara juga berbeda, yakni 50 orang saja dari 1.200 pasukan yang biasanya berbaris, serta hanya mengundang 120 orang dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 3.500 orang undangan, tetapi hal ini tidak mengurangi makna Kemerdekaan Republik Indonesia dan tetap berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Ketika lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan pada saat Upacara berlangsung, masyarakat dihimbau untuk menghentikan segala kegiatan dan aktivitasnya sejenak serta berdiri dengan sikap tegak sempurna sambil mengikuti lantunan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan juga pada pukul 10.17 WIB dengan ditandai bunyi sirine selama 3 menit untuk memperingati detik-detik proklamasi pada HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Pada saat upacara berlangsung diterapkan protokol kesehatan ketat bagi pasukan, petugas maupun undangan untuk mencegah penularan Covid-19./##

Sumber Penerangan STTAL


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *