Komandan dan Ketua Cbs Jalasenastri STTAL Hadiri Upacara Hardikal Ke-76 Tahun 2022

POSTKOTAPONTIANAK.COM

TNI AL.- STTAL SURABAYA, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., M. Tr. Opsla didampingi Ketua Cabang Berdiri Sendiri Jalasenastri STTAL Ny. Ina Avando serta para undangan Pangkotama wilayah Surabaya dan PJU Mabesal hadiri puncak upacara militer Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut Ke-76 Tahun 2022 dengan inspektur upacara Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yang berlangsung terpusat di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Bumimoro Surabaya. Jumat (13/5/2022)

Tema peringatan Hardikal ke-76 kali ini ” Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut Terus Berkomitmen Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Guna Mewujudkan TNI Angkatan Laut Yang Profesional, Modern dan Tangguh”.

Dalam amanatnya Wakasal menyampaikan hari pendidikan TNI AL sebagai tonggak kebangkitan pendidikan prajurit matra laut yang mengambil momentum kelahiran Sekolah Angkatan Laut (SAL) di Kota Tegal, Jawa Tengah tanggal 12 mei 1946 yang dikomandani Laksamana III Adam.
(SAL) yang dibuka Presiden RI Pertama Ir. Soekarno dan Moch.Hatta dihadiri Panglima Sudirman, para menteri, Panglima ALRI Laksamana Muda M.Nazir dan pejabat teras Mabes ALRI lainnya.

Walaupun berdirinya (SAL) pada 12 mei 1946 yang dijadikan cikal bakal berdirinya lembaga pendidikan di TNI AL ini, namun resminya peringatan setiap 12 mei sebagai hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal), baru digelar setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Kasal Nk.729/IV/1977 tanggal 21 April 1977 yang juga sekaligus ditetapkan sebagai hari jadinya Kodiklatal setelah 76 tahun berlalu, wajah pendidikan TNI AL telah menunjukkan banyak kemajuan dalam mencetak prajurit matra laut yang memiliki moral luhur, profesional dan berani.

Untuk lebih meningkatkan kualitas anak didik, TNI AL kini telah memiliki empat Komando Utama (Kotama) fungsional pendidikan yakni, tiga berlokasi di Bumimoro Surabaya dan satu Kotama berlokasi di Cipulir Jakarta. Ketiga Kotama yang berlokasi di Bumimoro tersebut antara lain; Kodiklatal, AAL dan STTAL dan satu Kotama di Cipulir Jakarta yakni Seskoal.

Sebelum puncak upacara militer Hardikal kali ini, telah digelar beberapa kegiatan olahraga (menembak, panahan dan bulutangkis) selain perlombaan juga kegiatan sosial yakni kunjungan sosial para warakawuri, donor darah, vaksin masyarakat maritim serta ziarah TMP Mayjen Sungkono Surabaya.

Peserta upacara terdiri dari satuan korps musik gabungan dari lantamal V, kodiklatal, puspenerbal dan lanmar surabaya dan di ikuti pasukan upacara sekitar 1.620 personel terdiri dari Batalyon 1 terdiri kompi perwira gabungan dari (Mahasiswa STTAL, Siswa Diklapa, Kodiklatal dan AAL dan kompi pasukan khusus kodikopsla), Yon 2 terdiri Taruna dan Taruni AAL, Yon 3. terdiri Kowal, Yon 4 Bintara,Yon 5 Tamtama dan Yon 6 Gabungan PNS dan Siswa SMK Kal-1.
Selain itu acara di isi rangkaian parade militer, rampak bedug Taruna AAL, Genderang Seruling (GS) Taruna, dan tari reog ponorogo./ IRW

Posted in TNI

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.