Kodam XII/Tpr Segera Wujudkan 63 Desa Mandiri di Kalbar

Kubu Raya, Senin (6/5/19) – Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab didampingi Kasdam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Alfred Denny D. Tuejeh memimpin Rapat Penyiapan Desa Mandiri di Provinsi Kalimantan Barat, yang diikuti oleh para Asisten dan Kabalak Kodam XII/Tpr serta Para Dandim Jajaran Korem 121/Abw di Ruang Yudha Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos usai mengikuti Rapat Penyiapan Desa Mandiri mengatakan, Kodam XII/Tpr akan segera mewujudkan sebanyak 63 Desa Mandiri di Provinsi Kalimantan Barat.

Dijelaskan olehnya, yang dimaksud Desa Mandiri adalah Desa yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak semata tergantung dengan bantuan dari pemerintah.

“Kalaupun ada bantuan dari Pemda sifatnya hanya sebagai Simultan saja,” terang Kapendam XII/Tpr.

Lanjut Kapendam XII/Tpr mengatakan, Program Desa Mandiri merupakan upaya Pemprov. Kalbar untuk meningkatkan status Desa yang terdapat di wilayah Kalbar. Untuk mewujudkan desa mandiri tersebut Pemprov. Kalbar bekerjasama dengan Kodam XII/Tpr.

Untuk saat ini Pemprov. Kalbar dan Kodam XII/Tpr telah menargetkan sebanyak 63 Desa Mandiri terbentuk di Kalbar yang menjadi skala prioritas, dengan perincian, sbb :

1. Kodim 1201 : 5 Desa Mandiri. (Kab. Mempawah 4 Desa dan Kab. Landak 1 Desa)
2. Kodim 1202 : 5 Desa Mandiri. (Kab. Sambas 3 Desa dan Kab. Bengkayang 2 Desa)
3. kodim 1203 : 5 Desa Mandiri. (Kab. Kayong Utara 2 Desa dan Kab. Ketapang 2 Desa)
4. Kodim 1204 : 5 Desa Mandiri.
5 Kodim 1205 : 4 Desa Mandiri.
6. Kodim 1206 : 5 Desa Mandiri.
7. Kodim 1207 : 4 Desa Mandiri. (4 Desa Kab. Kubu Raya)

“Adapun untuk pelaksanaan pembangunan Desa Mandiri akan di danai bersumber dari Dana Hibah oleh Pemprov. Kalbar pada Kodam XII/Tpr,” terang Kapendam XII/Tpr mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *