Kinerja Panwaslu Jadikan Kepercayaan Rakyat Hilang

LSM Gelombang : Disinyalir Panwaslu Berkonsfirasi

DEPOK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Lokomotif

Kantor Panwaslu Kota Depok (Ist)
Kantor Panwaslu Kota Depok (Ist)

Pembangunan (Gelombang) Kota Depok Cahyo Putranto Budiman menilai, bahwa kinerja Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), Kota Depok di sinyalir berkonsfirasi dengan pihak penguasa. Sebab laporannya terhadap Panwaslu tersebut telah dipeti eskan.

“Artinya, laporan tersebut terkait calon walikota nomor urut 2 itu hadir sebagai wakil walikota dalam acara Malam Anugrah Pendidikan yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Depok dan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Sawangan. Padahal, hari itu ia telah mengajukan cuti, yang artinya ia bukanlah wakil walikota,” ujarnya kepada wartawan Selasa (18/11/2015), disekretariatnya.

Menurut Cahyo, jika demikian percuma saja ada jadwal cuti bagi calon petahana bila masih bisa menggunakan jabatannya sebagai Wakil Walikota dalam kegiatan Pemerintahan. Sebab perihal pengajuan cuti yang diajukan Idris kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) beberapa waktu lalu seperti apa?

“Artinya percuma saja diberikan waktu cuti, kalo dihari cuti pun dia masih bisa menggunakan jabatannya sebagai wakil walikota. Karena ketika waktu cuti pun dia masih dianggap sah dan tidak melanggar menggunakan jabatannya sebagai wakil walikota, dengan catatan selama tidak melakukan kampanye,” tuturnya.

Cahyo mengingatkan dalam menelaah sebuah laporan, masyarakat jangan di putar otak oleh aturan yang sudah ada. Dalam hal ini pihak pengawas Pilkada mencari celah untuk melemahkan aturan yang sudah dibentuk.

“Jangan dicari-cari celah yang akhirnya kepercayaan rakyat hilang, biar rakyat ga pusing dan ujungnya menuduh buruk nantinya ke Panwas. Gunakan logika, kalo hari cuti, tapi masih bisa gunakan jabatan negara saat cuti, ya mendingan ga usah ada cuti aja,” imbuhnya.(Faldi/Sudrajat)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *