Kendaraan Plat Merah Wajib Bayar Pajak

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalbar, Samuel, SE.,M.Si./dev
Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalbar, Samuel, SE.,M.Si./dev

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK–Untuk mendongkrak Pandapatan Asli Daerah (PAD) dan tertib administrasi pengelolaan barang milik daerah, serta untuk keamanan kepemilikan penggunaan kendaraan bermotor, seluruh kendaraan bermotor milik pemerintah daerah wajib membayar pajak kendaraan bermotor.

Sejatinya seluruh kendaraan bermotor berplat merah baik milik instansi Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat, milik instansi unsur vertikal, TNI maupun Polri wajib untuk membayar pajak kendaraan.

Kewajiban membayar pajak ini menurut Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalbar, Samuel, SE.,M.Si yang mana telah tertuang pada Pasal 6 Undang-undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Jadi saya katakan wajib untuk setiap SKPD yang memiliki kendaraan dinas atau telah menganggarkan pengadaan kendaraan dinas jabatan atau operasional, baik kendaraan roda dua, roda empat ke atas termasuk ambulance, pemadam kebakaran, angkutan sampah dan alat berat/besar lainnya, wajib mengalokasikan anggaran untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui anggaran belanja pajak kendaraan dinas dalam SKPD masing-masing,” terang Samuel, ditemui diruang kerjannya.

Dikatakan Samuel, dalam pembayaran pajak kendaraan dinas untuk selanjutnya wajib dibayar tepat waktu. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hutang, denda ataupun sanksi administrasi lainnya menyangkut kendaraan dinas tersebut.

“Sejauh ini kendaraan dinas yang ada diwilayah Pemerintahan Provinsi Kalbar, saya rasa tidak ada penunggakan maupun tidak membayar pajak. Karena semua uang pembiayaannya telah diatur disetiap tahunnya, jadi tidak mungkin tidak membayar pajak sedangkan sudah dianggarkan disetiap tahun anggaran, “ tukas Samuel mengakhiri. /DEV


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *