Kembangkan Aset Budaya Sebagai Industri Wisata

POSTKOTA PONTIANAK.COM

NGABANG-Bupati Kabupaten Landak Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si, terus menggalakan tumbuh kembangnya dunia parawisata di Kabupaten Landak. Menurutnya, sektor parawisata merupakan industri yang dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah. Dengan potensi alam yang dimiliki Kabupaten Landak merupakan aset yang tak ternilai harganya. Seperti wisata alam air terjun Bananggar di Serimbu

Parade Raja-Raja Nusantara wilayah Kalbar pada perayaan Tumpang Negeri tahun 2014.(foto:ya'dan)
Parade Raja-Raja Nusantara wilayah Kalbar pada perayaan Tumpang Negeri tahun 2014.(foto:ya’dan)

Kecamatan Air Besar, air terjun Pade Kembayung di Desa Bentiang KecamatanAir Besar, dan berbagai air terjun seperti yang terdapat di Kecamatan Mempawah Hulu, dan lainnya. Juga terdapat aset budaya seperti adat istiadat , busana tradisional, budaya lokal, rumah tradisional,  serta situs budaya yang mengandung unsur sejarah,  seperti Keraton Ismahyana Landak, rumah Panjang Saham. Dan, kerajianan lokal, kuliner tradisional juga dapat menjadi daya tarik pelancong untuk datang ke Landak.

Bupati Adrianus belum lama ini, mengatakan, dunia parawisata dapat mendongkrak PAD. Namun demikian harus ada intrumen pendukung seperti hotel, listrik, dan infrastruktur yang memadai. “ Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Landak selalu memproritaskan pembangunan infrastruktur , dengan membuka jalan baru dan peningkatan jalan yang sudah ada, serta pembangunan jembatan baru di berbagai tempat di wilayah Kabupaten Landak. Dibidang perhotelan, melalui PT Landjak Berajaki, akan membangun hotel di km 5 Desa Amboyo Inti. Hal itu adalah untuk memberikan kemudahan kepada touris atau pelancong untuk menginap dengan suasana yang nyaman. Dengan pembangunan jalan agar dapat terbukanya daerah potensi wisata untuk dapat di kembangkan menjadi daerah wisata.

Bupati Adrianus melihat banyak potensi alam yang terdapat di wilayah Kabupaten Landak, terdapat juga peninggalan sejarah, terdapat juga berbagai kuliner tardisional yang hanya terdapat di Landak, serta permainan tradisional yang dimiliki masyarakat Kabupaten Landak. “ Bila kesemuanya itu dapat dikemas dengan baik maka akan menarik para pelancong untuk datang di Kabupaten Landak. Untuk itu kita harus sampaikan informasi ini kepada masyarakat luar tentang potensi wisata yang kita miliki. Kita harus bangga dengan potensi wisata yang kita miliki, ” ucap Bupati. (ya’ sahdan)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *