Kelestarian Lingkungan Hidup Yaitu Menghadirkan Kota Sintang Yang Ramah Lingkungan Dengan Spirit Kota Hijau Yang Berkelanjutan.

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SINTANG. Meskipun peringatan hari jadi Kota Sintang tahun ini tidak bisa di rayakan seperti tahun-tahun sebelumnya, namun kata Bupati, semangat peringatan ini, semestinya membekas di hati kita semua. Dimana warisan Jubair Irawan I berupa nilai perubahan dan nilai kebersamaan, harus terus diaktualisasikan untuk memotivasi diri berkarya memajukan Kota Sintang. Selain itu, lanjutnya, di tengah suasana yang penuh keprihatinan ini, di sadari atau tidak, covid-19 memberi pelajaran berharga kepada kita semua. Hal itu selain mendorong agar kita semakin dekat dengan keluarga, kita juga buat lebih dewasa untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta yang tak kalah pentingnya, kita semakin memupuk rasa solidaritas sosial sesama anak bangsa.

”hikmah covid ini juga semakin terasa, tatakala kita diwarnai ibadah puasa ramadhan, dimana umat islam sedang fokus beribadah, baik yang berdimensi hablumminallah dan hablumminannas. kita harus mengambil hikmah yang berharga ini, untuk menjadikannya modal membangun kota sintang yang penuh harapan”ucap Bupati.

Selain itu, menurut Bupati, kedepan Kota Sintang harus siap menghadapi suasana perubahan global lainnya, dimana perubahan global tersebut ditandai dengan 3 S yaitu speed atau kecepatan, surprises atau kejutan dan sudden shiff atau pergeseran tiba-tiba, untuk itulah kedepannya kota sintang harus mampu menjadi titik temu dari 3 nilai besar. Pertama, nilai pertumbuhan yang maksimal yaitu mewujudkan kota yang siap mengantisipasi cepatnya pertumbuhan di semua bidang kehidupan, pertumbuhan bidang pendidikan, bidang kesehatan dan bidang ekonomi menjadi fokus utama bagi kemajuan kota sintang di masa depan.

“kedua, nilai kearifan lokal. yaitu mewujudkan kota sintang yang mampu mengekspresikan kekayaan nilai dan simbol dari kearifan lokal yang ada. fokusnya memadukan budaya masa kini dan budaya masa lalu sebagai unsur heritage dari kota sintang yang bersejarah”kata Bupati.

Kemudian ketiga, lanjut Bupati, yakni nilai kelestarian lingkungan hidup yaitu menghadirkan Kota Sintang yang ramah lingkungan dengan spirit kota hijau yang berkelanjutan. Dimana kita posisikan kota sintang sebagai asset, potensi, dan investasi yang memiliki nilai ekonomi, ekologi, edukasi, dan estetis menjadi ciri unik suatu kota di masa depan. Dengan tiga nilai besar itu, Kota Sintang akan mampu menampung seluruh dinamika kota sehingga menjadi citra bagi kemajuan Kabupaten Sintang dalam lingkup regional, nasional dan bahkan internasional.

Bupati pun mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sintang, khususnya warga Kota Sintang, untuk terus optimis, mari bergerak maju bersama membangun Kota Sintang yang semakin baik. Terlebih saat ini sedang ditantang melawan musuh yang tidak kelihatan yaitu wabah covid-19. Kalau bersatu dalam kebersamaan seperti yang diwarisi oleh Jubair Irawan I, yakinlah kita pasti menang lawan covid-19. “ Selamat hari jadi kota Sintang ke-658, kota Sintang untuk kita semua, mari bergerak maju bersama”tutup Bupati./*

(LMB)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *