Kejari Sekadau MoU dengan Imigrasi Sanggau

Ilustrasi
Ilustrasi

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Kejaksaan Negeri Sekadau Rabu (29/4/2015) melakukan Penandatanganan Memorandum Of Underatanding (MOU) dengan Imigrasi kelas II Sanggau di aula Kantor kejaksaan Negeri Sekadau.

Penandatangan sekaligus penyerahan plakat dilakukan Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau, Sukardi M.Hum dan Kepala Imigrasi kelas II Sanggau, Ari Tri Esthi Moeljantoro SH MH.

Sukardi. M.Hum dalam sambutanya mengatakan MOU dilakukan kejaksaan negeri minimal satu kali setiap tahun.

” Tahun ini pertama Kejakasaan melakukan MOU dengan Kantor Imigrasi II Sanggau,”ucap dia.

Dikatakan Kejari, Imigrasi sebagai pintu gerbang negara banyak menanagani permasalahan perdata, bahkan bilamana ada perusahaan yang melakukan pelanggaran yang di tangani imigrasi, Kejaksaan bisa menjadi Jaksa pembela atas gugatan perusahaan kepada Imigrasi atas nama negara.

Lebih jauh, pria ramah itu menjelaskan, pendataan tenaga kerja asing di daerah-daerah juga ditangani Imigrasi dalam hal ini Kejakaaan bisa turut membantu kerja sama imigrasi.

“Termasuk bila ada penyuluhan hukum oleh Imigrasi kepada perusahaan-perusahaan yang memperkerjakan orang asing. Kejaksaan dapat membantu dalam hal penyuluhan hukum,”ujarnya.

Dengan adanya penandatanganan MOU ini,Sukardi mengharapakan lebih ditingkatkan kinerja di Kejaksaan Negeri Sekadau.

Sementara itu,  Ari Tri Esthi Moeljantoro SH MH, menyatakan pihaknya (Imigrasi), memiliki tugas yang lebih luas dalam kewenangan terutama dalam penindakan orang asing yang melakukan pelanggaran hukum.

” Kami membawahi 4 Kabupaten di wilayah timur Kalbar, masing-masing, Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi,” imbuh Ari.

Mengenai MOU, dijelaskan Ari, adalah  terkait kewenanganan Imigrasi atas penindakan orang asing yang melakukan pelanggaran hokum.

Penindakan secara administrasi terkait pemberian sangksi berupa denda dan pendeportasian oknum orang asing yang ada di Kabupaten Sekadau./mus


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *