Kejari Ngabang Peringati Hari Anti Korupsi se Dunia

Upacara peringatan Hari Anti Korupsi se Dunia di Kejari Ngabang. FOTO Istimewa
Upacara peringatan Hari Anti Korupsi se Dunia di Kejari Ngabang. FOTO Istimewa

Reporter :Ya ‘ Syahdan

NGABANG-Kejaksaan Negeri (Kejari) Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Kamis, (10/12), memperingati hari anti korupsi sedunia dengan membagi-bagi stiker kepada masyarakat kota Ngabang. Sebelumnya dilakukan upacara di halaman Kejari Ngabang, dengan pembina upacara Kepala Kejaksaan Negeri Ngabang, Teguh Wardoyo.

Teguh Wardoyo membacakan kata sambutan tertulis Jaksa Agung Republik Indonesia H.M.Prasetyo, mengatakan, hari anti korupsi sedunia tahun 2015 mengangkat tema. “ Berantas korupsi Demi Kelangsungan, Kejayaan dan Kesejahteraan Negeri. Tema tersebut menggambarkan suatu arah dan tujuan pemberantasan korupsi yang merupakan bagian dari penegakan hukum bukanlah aktivitas tersendiri yang hanya bertujuan penegakan hukum semata.

Semua usaha pemberantasan korupsi adalah merupakan bagian dan ikhtiar untuk membangun sebuah negeri yan terbebas dari korupsi, yang akan berujung pada kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Kesejahteraan dan kemakmuran rakyat adalah salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang telah dijamin di dalam konstitusi. “ Dalam hal ini secara tegas bisa saya katakan, memberantas korupsi adalah merupakan salah satu ikhtiar atau kontribusi dalam mewujudkan cita-cita nasional yang mensejahterakan rakyat, ” ucap   H.M.Prasetyo.

Selanjutnya di katakan, hal ini berlaku sebaliknya, jangan sampai pemberantasan korupsi justru malah menyengsarakan atau malah menghambat tercapainya kesejahteraan rakyat itu sendiri. Disinilah diperlukan sikap profesionalitas, proporsionalitas serta kearifan dalam pemberantasan korupsi.

Pemberantasan korupsi yang tidak menghambat kesejahteraan rakyat secara implementasi dapat dilakukan oleh Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4). TP4 dapat menjadi filter bagi pemberatasan korupsi yang pro dengan kesejahteraan rakyat.

“ Untuk itu optimalkan fungsi TP4 sebagai sebuah langkah yang taktis dan strategis bagi pemberantasan korupsi yang tidak menghambat pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” pinta H.M. Prasetyo.

Sementara itu menurut Kepala Kejaksaan Negeri Ngabang, Teguh Wardoyo, mengatakan, penanganan tidak pidana korupsi di Kabupaten Landak tahun 2015, ada dua kasus, yaitu kasus penggelapan pajak bumi dan bangunan, dan kasus  simpan pinjam PNPM mandiri./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *