Kejar Adipura

Target Nilai yang Cukup

Depok, PostKota Pontianak.com

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Kota Depok Wijayanto menerangkan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dituding menjadi salah satu nominasi kota terkotor di Indonesia. Sebab mereka berdalih hasil penilaian Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup pada seleksi pertama Piala Adipura dinyatakan bahwa Kota Depok lolos dengan nilai cukup yakni 71,28.

 “Kota Depok tidak terkotor karena lolos tahap berikutnya, dan saya akan klarifikasi ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” terangnya kepada wartawan kemarin di kantornya.

Kejar target adipura (Ist)
Kejar target adipura (Ist)

 Dia justru menuding bahwa Kota Bekasi-lah yang tidak lolos proses seleksi sehingga seharusnya predikat terkotor bukan ditujukan kepada Kota Depok. Dia meyakini kalau Depok menjadi salah satu kandidat kuat peraih Piala Adipura. “Justru Bekasi yang tidak lolos tahap awal. Kok Depok yang dijadikan sasaran,” ujar Wijayanto.

 Ditempat terpisah, salah seorang pejabat Kota Depok mengakui sekarang ini penilaian Piala Adipura tidak lagi ditentukan titik-titik penilaiannya melainkan dilakukan penilaian secara menyeluruh, termasuk sudut-sudut perumahan, manajemen kerja nilai daerah, nilai fisik air dan udara. Serta nilai manajemen air dan udara, juga penilaian dari masyarakat. “Penilaian sekarang ini lebih paripurna sehingga tidak bisa ada yang ditutup-tutupi,” pungkasnya.

 Sebelumnya, Asisten Deputi Pengelolaan Sampah KLH, Sudirman, mengungkapkan, telah mengeluarkan penilaian sampai urutan ke-14 kota metropolitan se-Indonesia dalam tahap pertama Piala Adipura 2015. Katanya, peringkat terendah adalah Kota Bekasi.  “Kriteria itu berasal dari penilaian kualitas air, kebersihan, dan keteduhan,” ungkapnya.

 Sudirman menjelaskan, bahwa Kota Depok menempati urutan ke-9 setelah Kota Surabaya, Palembang, Tangerang, Semarang, Medan, Jakarta Pusat, Makassar, dan Jakarta Selatan. Disusul peringkat ke-10 Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Bandung, dan ke-14 Bekasi,” jelasnya. (Faldi/Sudrajat)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *