Kebutuhan Daging Sapi Kalbar 7.500 Ton

Kepala Dinas Peternakan dan Kehewanan Provinsi Kalbar, Drh A Manaf./ tr-PKP
Kepala Dinas Peternakan dan Kehewanan Provinsi Kalbar, Drh A Manaf./ (tr-PKP)

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( PONTIANAK ) – Kepala Dinas Peternakan dan Kehewanan Provinsi Kalbar, Drh A Manaf Mengatakan bahwa Kalbar dengan jumlah penduduk 5,3 Juta jiwa. Kebutuhan daging disuplai dengan daging ayam/ white meat sekitar 67%, daging babi 11% dan Daging Sapi 7% atau 7.500 Ton pertahun.

Manaf yang ditemui dikantornya tadi pagi menambahkan bahwa pihaknya melakukan pemotongan yang tercatat di Rumah Potong Hewan sekitar 50.000 ekor sapi. 19% nya didatangkan dari Bangkalan, Madura. Sapi sapi tersebut digemukan dulu selama 6 hingga 9 bulan baru masuk RPH.

Pemerintah mempunyai program swasembada daging dengan metode Sapi Induk Wajib Bunting. Kegiatan pertama dengan inseminasi buatan atau kawin suntik. Kedua betina yang mengalami penyakit reproduksi ditangani dengan baik. Ketiga dengan pemberian pakan yang baik. Keempat pengendalian betina yang masih produktif. Karena pemotongan indukan yang masih produktif cukup tinggi dan itu bertentangan dengan Undang Undang.

Upaya lain yang akan dilakukan adalah dengan mengembangkan ternak sapi berintegrasi dengan sawit. Kebun Sawit Kalbar dengan luas 1,5 Juta hektar adalah potensi yang sangat baik.

Kalau perhektar diisi dengan 2 ekor sapi maka akan ada 3 Juta ekor sapi di Perkebunan Sawit. Luar biasa kan potensi Sapi KalBar kalau dikembangkan maksimal? Yups. ( Try)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *