Kebersamaan TNI dan Segenap Komponen Bangsa diperlukan untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Singkawang, Sabtu (29/6/19) – Kodim 1202/Singkawang gelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Masyarakat Singkawang, Bengkayang dan Sambas (Singbebas) yang bertempat di Aula Villa Restoran Kampung Batu Jalan A. Yani, Kel. Pasiran, Kec. Singkawang barat, Kota Singkawang. Dengan tema “Melalui silaturahmi dengan komponen masyarakat, Kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam rangka membantu kesulitan rakyat serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI”.

Dalam sambutannya, Dandim 1202/Skw Letkol Arm Viktor J.L Lopulalan, S.Sos., mengatakan, kegiatan Komsos sangat berperan strategis dalam mewujudkan tugas pokok TNI AD sebagai bagian integral dari TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan negara dan bangsa. Untuk bela negara bukan saja tugas TNI, tetapi merupakan tugas kita bersama sebagai warga negara Indonesia.

“Mengingat sistem pertahanan negara Indonesia adalah Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta), TNI harus selalu bersama semua komponen bangsa, bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI,” kata Dandim.

Lanjut Dandim, wawasan kebangsaan merupakan cara kita sebagai bangsa Indonesia dalam memandang diri dan lingkungan untuk mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Yang berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945, atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan POLEKSOSBUD dan HANKAM.

Sementara itu, Bapak Baharudin selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Singkawang menyampaikan, “Fredikat sebagai Kota Toleransi yang telah diraih kota Singkawang merupakan hasil bentuk kerja keras dari pihak TNI dan Polri bersama pemerintah kota Singkawang dalam menjaga kelangsungan bermasyarakat. Dengan kegiatan ini diharapkan kota Singkawang selalu aman dan kodusif, dan kita lebih mawas diri kedepan,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Veteran Bpk Sugiono menjelaskan, Bangsa ini merdeka bukan didapat dari hadiah, bangsa ini merdeka dengan keringat dan darah. “Harapan saya masyarakat mempunyai harapan yang sama bahwa kemerdekaan ini terus kita perjuangkan melalui karya-karya pejuang kita. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, bangsa yang kuat bangsa yang mengerti dengan sejarahnya,” harapnya. (Pendam XII/Tpr)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *