Kaum Muda Diharap Hindari Pergaulan Bebas

SINTANG- Kusnadi selaku Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa mengatakan, pihaknya sangat prihatin dengan kasus pidana yang menjerat anak dibawah umur yang diakibatkan pergaulan bebas sehingga nekad melakukan hal-hal yang tidak baik ditengah-tengah masyarakat,ujarnya (17/3/2019).

Dikatakannya, kesalahan itu bukanlah semata-sama pada sang anak apalagi masih di bawah umur usianya yang seharusnya masih belajar di sekolah tapi malah harus berurusan dengan pihak berwajib. Hal ini tentu ada efek sebab akibatnya, mungkin saja karena rumah tangga yang berantakkan bisa jadi membuat si anak menjadi ugal-ugalan.

Dalam hal ini orang tua dan lingkungan mempunyai peran penting dalam membentuk karakter seorang anak. anak tentu menjadi tanggung jawab orang tua untuk mendidik dan memperhatikan kebutuhan sehari-harinya termasuk kasih sayang dan kepedulian orang tua akan pendidikannya.

hal ini tentu tidak lepas bagaimana arahan dari orang tua dalam mendidik anak-anaknya kearah yang lebih baik dan menghargai orang lain serta diri sendiri,ujarnya.

Apalagi kalau anak tersebut tinggal dalam lingkungan yang kurang sehat, tentu akan membuat karakter anak tersebut juga terganggu dan rentan melakukan kegiatan yang negatif sesuai dengan lingkungannya, jadi semuanya kembali ke semua faktor yang berada dilingkungan bisa mempengaruhi karakter anak sampai ia besar, semua peran serta dalam membimbing baik Guru disekolah orang tua dirumah serta masyarakat sekitar menjadi penentu proses perkembangan anak,bebernya.

Santi misalnya selaku orang tua, selalu memberikan arahan kepada anaknya untuk tidak bergaul bebas, dan saat ini memang sulit dipungkiri banyak anak-anak yang jatuh kepada pergaulan bebas, terlihat dengan banyaknya tongkrongan malam anak-anak muda, sehingga lambat laun mereka terbawa oleh teman-temannya kepada hal-hal yang bersifat negatif. Dalam hal ini kita sebagai orang tua tentu mempunyai peran penting dalam menjaga anak-anak kita,ulasnya.(Tim)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *