Kata Pak Osman Sapta Odang : Suhadi Itu Polisi Yang Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah

( Foto : istimewa )

DR.(HC) Osman Sapta Odang Tokoh Nasional asal Kalimantan Barat, yang juga Wakil Ketua MPR RI dan Ketua DPD RI. melihat sosok Kombes Pol Purnawirawan Drs. Suhadi Sw.M.Si seperti Pegadaian menyelesaikan masalah tanpa masalah.

jadi Suhadi itu seperti Pegadaian Kata Om Hanafi Zamzah menimpali pernyataan Pak Osman Sapta.

Seharusnya Polisi itu seperti itu, bahwa setiap masalah yang dilaporkan ke Polisi tidak harus penyelesaiannya sampai ke Pengadilan. tetapi ada kebijakan diluar peradilan, yang namanya restorastis Justice artinya penyelesaian perkara diluar peradilan yang penting bukan untuk kepentingan diri sendiri tetapi untuk kepentingan yang lebih besar dan kedua belah pihak yang bermasalah sudah damai.

Polisi ada diberi wewenang untuk melakukan Diskresi artinya seorang Polisi boleh mengambil keputusan tanpa harus meminta petunjuk kepada atasannya. misal dalam menangani kemacetan lalu lintas.
jadi Polisi harus luwes dan bijaksana.

Sementara itu Prof Dr. Bahtiar dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang ketika mendengarkan pemaparan Drs. Suhadi Sw.M.Si tentang rencana kedepan pembangunan Kota Pontianak sebagai Barometernya Kalbar. ia menyatakan bahwa Drs. Suhadi Sw.M.Si tidak lagi layak dipanggil Calon Walikota. Tetapi sudah pantas menjadi Walikota Pontianak tinggal kapan dilantiknya. ia berpesan supaya Partai Bulan Bintang diikutkan dalam mewujudkan Kota Pontianak sebagai Barometernya Kalbar.

Banyak tanggapan terhadap Sosok Drs. Suhadi Sw.M.Si yang selama ini berkecimpung didunia Kepolisian, tiba tiba ikut terjun dalam dunia Politik.

Menurutnya ketika ia masih aktif di Kepolisian, ia tunduk kepada Undang Undang nomor 2 tahun 2002, tentang Polri, dimana didalam pasal 28 disebutkan bahwa dalam berpolitik Polri tidak boleh terlibat dalam politik praktis, dan harus bersikap Netral.

Undang Undang tersebut berlaku bagi Anggota Polri Aktif, Namun tidak berlaku bagi para Purnawirwan karena mulai terhitung 1 Februari 2017 Kombes Pol Drs. Suhadi Sw.M.Si telah memasuki massa Pensiun, sehingga undang undang tersebut tidak mengikat baginya.

Berdasarkan hal itulah maka Drs. Suhadi Sw.M.Si mulai aktif didunia Politik, dan atas desakan masyarakat ia akan maju sebagai Walikota Pontianak menggantikan Estafet kepemimpinan Bapak Sutarmidji SH.M.Hum.

Penugasan di Kepolisian selama 39 Tahun ternyata pengaruhnya sangat besar sekali di Masyarakat, apalagi ketika dinas di Kepolisian Sosok Suhadi sangat bersahaja, murah senyum, ringan tangan dan tidak pelit terhadap Informasi.

Sosok Suhadi di masyarakat dikenal sebagai Polisi yang bersih. Polisi yang ramah. Polisi yang Jujur dan tidak pernah menyakiti Masyarakat. Kesemuanya itu menjadi modal sosial dalam perhelatan Pemilu Kada Walikota Pontianak. mendatang.

Makanya jangan heran jika Baliho Drs. Suhadi Sw.M.Si tidak sebanyak Kandidat yang lain.karena walaupun tidak memasang Baliho sekalipun, Sosok Drs. Suhadi. Sw. M.Si sudah dikenal oleh banyak kalangan masyarakat.

Dalam perhelatan Pemilu Walikota kedepan Drs. Suhadi Sw. M.Si mengajak masyarakat Pontianak Kota, untuk bersama sama membangun kota Pontianak agar kedepan semakin hebat, masyarakatnya hidup rukun dan damai, keamanan terjaga dengan baik, kesehatan masyarakat terjaga. rasa kesakitan dan kematian berkurang, rumah sakit tidak lagi dipenuhi oleh warga yang berobat karena mereka sudah hidup sehat dan sebagainya.

Mari kita mewujudkan Pontianak sebagai Barometernya Kalimantan Barat.
Kedepan Pontianak akan menjadi fokus perhatian Masyarakat Kalimantan Barat dengan Wisata Kuliner ada di Pintianak serta pengelolaan keamanan yang berbasis empat pilar Pemda, Polri TNI dan Masyarakat ada di Pontianak.

Kampong bebas Narkoba, Kampong KB, Kampong Sehat, Kampong Perpustakaan keluarga lihat di Pontianak. Kesemuanya itu akan terwujud jika sinergitas antar instansi Pemerintah dan Masyarakat terbangun dengan baik./rls-Shd.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *