Kata dr.Jones Siagian, Orang yang Masuk atau Pendatang dari Negara Terjangkit Virus Corona akan Diperiksa Kesehatannya

POSTKOTAPONTIANAK.COM

SANGGAU Dinas-  Kesehatan Kebupaten Sanggau tak mau kecolongan masuknya virus Corona di Bumi Daranante.

Orang yang masuk atau pendatang dari Negara terjangkit,jika datang ke Sanggau akan kita periksa kesehatannya,kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dr.Jones Siagian, Rabu (4/3 /2020)kemaren.

Dikatakannya,pihaknya kini sedang menangani 5 orang,yang baru saja kembali dari Negara terjangkit virus Corona ,yaitu Jepang dan Korea Selatan,siapa tahu dalam tubuh mereka ada virus yang banyak ditakuti orang,sehingga kita lakukan periksaan terhadap kelima orang tersebut.

Dari 5 orang yang kita tangani 3 diantaranya Wanita berdomisili di Sosok dan 2 pria berdomisili di Sanggau. Satu dari 2 org pria yang berdomidili disanggau adalah pejabat Pemkab.

Ketiga orang yang berdomisili di Sosok itu,mereka melakukan perjalanan ke Jepang pada tanggal 22 Februari, dan kembali ke Indonesia 29/2 sedangkan yang di Sanggau lanjutnya, berangkat ke Korea Selatan tanggal 22 pebruari kembali tanggal 1 Maret,”

Syukurlah hasil pemeriksaan petugas kita,mereka semuanya sehat,tidak ada menunjukkan gejala-gejala gangguan pernafasan, suhu badannya Normal.

Kita ingin mengetahui selama mereka berada di Korea Selatan maupun Jepang itu berkunjung kemana saja, apakah masuk ke daerah yang sudah diisolasi, ternyata kan tidak.

Karena mereka baru pulang dari Negara terjangkit virus yang bikin heboh, maka SOP yang berlaku adalah masuk dalam pemantauan.

Pemantauan dilakukan selama 14 hari,Karena itu masa inkubasinya virus. Jadi sejak virus itu masuk ke tubuh kita, paling lama 14 hari akan menimbulkan gejala, jika nanti ditemukan gejala gangguan
pernafasan, maka ia akan masuk status pasien dalam pengawasan.

Jones menyaran kepada ke lima Orang tersebut,untuk sementara waktu jangan keluar rumah untuk melakukan aktifitas,hingga 14 hari habis masa inkubasinya, informasi ke lima orang itu,ia petoleh dari, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, yang memperoleh datanya dari bandara.

Informasi tersebut disampaikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau,dimana mereka berdomisili.

Mendapat informasi itu,katanya ia langsung memerintahkan staf  mendatangi dan melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan mendatangi sesuai alamat yang kita dapati,dan hasilnya Negatif mereka sehat.

Jones mengajak seluruh masyarakat khususnya di kabupaten Sanggau ini,
untuk memerangi virus Vorona ini,
dengan melakukan pola Hidup bersih dan Sehat,dan melapor kepada petugas kesehatan jika mengetahui ada pendatang dari negara yang terjangkit virus dan akan segera kita tindak lanjuti katanya./H.man.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *