Kasdim 1201/Mph Apresiasi Titah Raja Mempawah, Ciptakan Kawasan Hutan Adat dan Hutan Lindung di Pulau Pedalaman

Poskotapontianak.com

Mempawah – Keraton Amantubillah Mempawah melaksanakan acara ritual robo-robo, berawal dengan acara pelepasan puake dari Keraton Amantubillah. senin (12/10/2020), pukul 08.00 wib, pagi, Kodim 1201/Mph diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Andreas hadir dalam kegiatan tersebut bertempat di Keraton Amantubillah, Jalan Adiwijaya, Kelurahan Pedalaman, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah,

Kasdim 1201/Mph Mayor Inf Andreas sampaikan, dalam acara tersebut langsubg dipimpin oleh Raja Mempawah Dr Ir Mardan Adi Wijaya Sc., dengan dihadiri oleh Kapolsek Mempawah Timur Ipda Ria Iskandar Lurah Pulau Pedalaman, Babinsa Ramil 1201-03/Mph, Babinkamtibmas Pulau Kedalaman, Kepala BKSDA Kab Mempawah, dan Para Abdi Dalem Keraton.

“Kodim 1201/Mph sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan pelaksanaan robok robok tahun 2020. Kegiatan budaya ini perlu dilestarikan dan jaga agar tidak usang oleh jaman, karena dengan demikian masyarakat bisa mengenal sejarah berdirinya Keraton Mempawah dan Adat Istiadat Keraton Amantubillah Mempawah,” ucap Kasdim.

“Acara ini merupakan rangkaian kegiatan acara robo-robo tahun 2020, dimana dilakukan penanaman pohon kantong semar di kawasan Benteng Kota Batu, selanjutnya dilakukan acara pelepasan Puake atau hewan (burung, musang, kukang, dan kura kura) di steher samping Keraton Amintubillah Pulau kelurahan Pedalaman oleh Raja Mempawah,” jelas Kasdim.

Lanjutnya katakan, dapat dikutip sambutan dari Raja Mempawah Dr Ir Mardan Adi Wijaya Sc., Kampung Pulau Pedalaman Akan akan dijadikan kawasan hutan adat dan Hutan lindung rencananya akan di jadikan bahan untuk penelitian Flora dan Fauna dimana hutan yang ada di kelurahan Kampung Pulau pedalaman bisa kita jadikan wahana Pariwisata dan Cagar budaya alam.

Kasdim 1201/Mph sangat mengapresiasi dan mendukung dengan sambutan yang disampaikan oleh Raja Mempawah. Kalimantan ini merupakan paru-paru dunia tetapi kita tidak bisa juga menutup mata pasti ada kerusakan berkaitan dengan ekonomi.

BACA JUGA

Dandim 1201/Mph Hadir HUT Kab. Landak ke 21 Tahun, Ciptakan Hubungan Sinergis dan Humanis TNI dan Pemkab Landak

Aksi Penolakan RUU Cipta Kerja Oleh Buruh di Kalbar Berjalan Damai, Kapolda Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto Apresiasi Serikat Buruh

Tim Siber Polda Kalbar Bekuk Pembuat Grup Whatsapp “Futsal” Yang Isinya Provokasi Aksi Demo

Kesederhanaan HUT Kab. Landak Secara Virtual, Karolin Ciptakan Menjaga Diri Dari Corona Luncurkan Logo Resmi

KADISKES LANTAMAL XII POTONG TUMPENG PERINGATI HARI KESEHATAN TNI AL KE 72

“Kami sangat setuju dengan gagasan Raja Mempawah, ini ide yang sangat luar biasa akan menyiapkan suatu tempat atau lahan yang nantinya akan di kembangkan secara bertahap untuk menjadi hutan adat. Hutan kita akan di manfaatkan untuk wisata dan penelitian untuk kelestaraian hutan,” harap Kasdim.

Dengan pelaksanaan kegiatan Robo-robo yang merupakan even budaya masyarakat Kabupaten Mempawah, Kasdim 1201/Mph Mayor Inf Andreas ingin agar semua masyarakat di Kabupaten Mempawah ikut andil dan mendukung agar berjalan sukses, aman dan kondusif dengan tidak lupa menerapkan protokol kesehatan.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *