Karnaval Khatulistiwa, Jokowi Kenakan Baju Adat Dayak

Reporter : Devi Lahendra

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK – Dengan mengangkat tema budaya daerah, karnaval khatulistiwa yang di buka

Karnaval Khatulistiwa yang Dibuka Oleh Presiden Joko Widodo./foto : devi
Karnaval Khatulistiwa yang Dibuka Oleh Presiden Joko Widodo./foto : devi

langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menampilkan beragam budaya maupun adat istiadat yang ada di Indonesia.

Sejatinya tak hanya dimeriahkan oleh puluhan mobil hias dari 26 provinsi yang ada di Indonesia, serta diikuti sebanyak 4.000 orang peserta. Namun dalam karnaval khatulistiwa yang baru kali pertama dilaksanakan ini, juga mewajibkan bagi para undangan termasuk Jokowi untuk memakai pakaian adat khas Kalbar atau pakaian karnaval.

Dalam karnaval khatulistiwa, Presiden dan Ibu Negara mengenakan pakaian adat Dayak dan untuk seluruh tamu undangan tampak terlihat menyesuaikan dengan pakaian daerah masing-masing.

“Jadi hari ini kita juga akan menyaksikan karnaval khatulistiwa yang merupakan pertama kali kita adakan. Disitu akan menampilkan berbagai macam budaya maupun adat istiadat dari setiap daerah yang ada di Indonesia, “ demikian dikatalkan Jokowi, seusai membagikan kartu sakti kepada warga kurang mampu di Kota Pontianak, Sabtu (22/8/15).

Gubernur Kalbar  Cornelis./foto:devi
Gubernur Kalbar Cornelis./foto:devi

Tak ayal karnaval khatulistiwa juga dimaksudkan untuk mempertunjukkan kekayaan khasanah budaya Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara maritim. Dan untuk tahun ini Pontianak, Kalimantan Barat terpilih karena merupakan daerah perbatasan yang memiliki banyak sungai yang bermuara ke laut, yang mana Pontianak juga tepat berada di garis khatulistiwa.

“Karnaval ini akan terus berlanjut, terutama untuk karnaval air yang menampilkan berbagai atraksi perahu hias. Disini menunjukkan bahwa kita adalah negara maritim, “ tukasnya./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *