Karnaval Khatulistiwa Ajang Budaya Indonesia

Reporter : Devi Lahendra

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK–Memasuki H-1 karnaval Khatulistiwa yang dipusatkan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, tampak kian berbenah serta segala persiapan sudah mencapai seratus persen.

Pasalnya karnaval khatulistiwa yang di gelar pada tanggal 22 Agustus 2015 merupakan kali pertama diadakan dalam rangka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Yang mana ajang tersebut mengangkat budaya yang ada diseluruh Indonesia.

Sudut Kota Pontianak Yang Kian Berpoles Untuk Menyambut Tamu Yang Hadir Dalam Karnaval Khatulistiwa./foto :devi
Sudut Kota Pontianak Yang Kian Berpoles Untuk Menyambut Tamu Yang Hadir Dalam Karnaval Khatulistiwa./foto :devi

“Jadi kita bersyukur tahun ini Kalimantan Barat memjadi tuan rumah dalam rangka mengakhiri peringatan HUT RI ke 70, yang ditutup dengan karnaval Khatulistiwa. Disini Indonesia bersatau dalam budaya dan semangat dalam persatuan, “ ucap Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH, saat jumpa pers di Hotel Haris Pontianak, Jumat (21/8/15).

Dalam karnaval khatulistiwa ini, lanjut Cornelis mengatakan pesertanya tidak hanya dari Kalimantan Barat, namun juga diikuti sebanyak 24 provinsi lainnya. Dengan jumlah peserta mencapai 4.000 orang termasuk 1.482 orang dari luar daerah Kalimantan Barat.

“Dengan ramainya kunjungan tamu dari luar Kalbar, saya meminta kepada seluruh masyarakat Kalimantan Barat untuk dapat sama-sama menjaga keamanan dan tunjukkan bahwa kita Kalimantan Barat dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi para tamu yang hadir, “ kata Cornelis.

Dikatakan Cornelis, karnaval khatulistiwa berisi dari karnaval darat, karnaval sungai serta panggung hiburan rakyat. Yang mana dalam karnaval darat akan menampilkan arak-arakan kendaraan hias dan pejalan kaki dengan menggunakan baju adat.

Dan untuk jumlah peserta dalam karnaval darat sebanyak 1.040 orang berasal dari Kalimantan Barat, dan 1.400 orang dari luar Kalimantan Barat. Yang juga diikuti sebanyak 700 prang pelajar pejalan kaki, 980 orang para penari serta ditambah marching band sebanyak 550 orang.

“Untuk di karnaval sungai, nanti para peserta karnaval akan menyusuri sungai Kapuas dengan menggunakan perahu tradisional yang dihias. Ada sekitar 300 kapal yang ikut dalam karnaval ini dan sebanyak 2.000 orang yang terlibat. Kita juga kedatangan peserta dari Serawak, “ tukas Cornelis mengakhiri./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *