Kapolsek Pontim Kompol Sunaryo Himbau Warga Jika Lihat Pungli Laporkan

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK-Jajaran kepolisian Polsek Pontianak Timur imbau kepada seluruh warga di Pontianak untuk dapat segera melapor jika melihat adanya pungutan liar (pungli) di wilayah Pontianak, agar dapat ditindaklanjuti.

“Selain memenuhi peraturan undang-undang serta apa yang jadi atensi pimpinan, tentu ini semua dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat khususnya di wilayah Pontianak Timur. Terkait pungli, kalau masyarakat melihat segera laporkan,” jelas Kapolsek Pontianak Timur, Kompol Sunaryo, Rabu (29/1).

Jajaran personel kepolisian Polsek Pontianak Timur melalui Bhabinkamtibmasnya juga kerap melakukan sosialisasi sekaligus menyambangi warga tentang larangan pungli dibeberapa lokasi.

Sosialisasi tersebut diberikan kepada masyarakat sebagai langkah awal guna pencegahan serta pemberantasan adanya aksi pungli. Selain itu, sambungnya hal ini dilakukan guna mempertegas sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

Polsek Pontianak Timur
Selain itu, sambung Sunaryo, digencarkannya sosialisasi ini adalah agar terwujudnya pelayanan publik pada kementerian maupun lembaga hingga pemerintahan daerah yang terbebas dari yang namanya pungli. Dia menambahkan hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui sistem transparansi yang sesuai dengan peranturan perundang-undangan agar terbebas dari pungli.

“Selain untuk mensosialisasikan terkait larangan pungli dimasyarakat, hal ini dilakukan guna memberi imbauan tentang pelayanan publik dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yang terbebas dari yang namanya pungli di tingkat lembaga pemerintahan,” ujar Sunaryo.

Dia berharap dengan diadakannya sosialisasi terkait hal ini, kedepan masyarakat bisa merasa lebih nyaman dengan tidak adanya pungutan liar. Disisi lain, hal ini sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat yang awam akan hal ini kedepannya bisa lebih mengerti apa itu pungli. “Sehingga tercapai tujuan yang diharapkam sesuai ketentuan yang berlaku,” tuturnya./isk/dnPKP.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *