Kapolsek IPDA Ria Iskandar Dukung Pembentukan Tim Penanggulangan Bencana Desa

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – – Sebagai upaya warga masyarakat dalam mengantisipasi dan penanggulan bencana alam yang terjadi, Pemerintahan Desa Parit Banjar dan Polsek Mempawah Timur membentuk Tim Pengganggulangan Bencana Desa.

Pembentukan Tim Penanggulan Bencana Desa berlangsung pukul 09.00wib, selain itu pula dilakukan juga sosialisasi oleh Kantor BPBD Kabupaten Mempawah, kepada warga masyarakat Desa Parit Banjar gimana dalam tindakan-tindakan dalam menanggulangi Bencana yang terjadi di Desa. Pelaksanaan kegiatan berlangsung di Aula Kantor Desa Parit Banjar Kecamatan Mempawah Timur Kabupaten Mempawah. Selasa (07/07/2020).

Kapolsek Mempawah Timur IPDA. Ria Iskandar saat ditemui usai kegiatan menyampaikan bahwa sangat perlu dibentuknya Tim Penanggulangan Bencana Desa ini, karena warga desa yang pertama kali menghadapi bencana tersebut dan apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

Selanjutnya dikatakan, bahwa warga desa parit banjar sangat antusias dengan dibentuknya Tim Penanggulangan bencana ini, pelaksanaan kegiatan dipimpin oleh Kades Parit Banjar Marlito, sebagai narasumber sosialisasi dari Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Didik Sudarmanto dengan isi dari sosialisasi itu adalah tata cara Penanggulangan Bencana ditingkat Desa, turut serta juga hadir pasa acara Bhabinkamtibmas Desa Parit Banjar, Babinsa Desa Parit Banjar dan warga Desa Parit Banjar berjumlah 30 orang.

“Kepada warga Desa Parit Banjar, jika terjadi bencana untuk segera melaporkan kejadian tersebut sehingga bersama-sama bisa saling membantu dalam menanggulangi bencana, karena saat sekarang kita juga sedang menghadapi bencana, yaitu bencana wabah covid 19 yang saat sekarang ini sedang dihadapi dan memberikan himbauan akan protokol kesehatan yang harus dipatuhi menuju new normal life,” ucap Kapolsek.

“Pembentukan Tim Penanggulangan Bencana Desa adalah salah satu syarat wajib Desa mandiri dan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah terjadinya Bencana di Desa, dengan terbentuknya Tim Penanggulangan Bencana Desa tidak menutup kemungkinan akan meminimalisir terjadinya Bencana di Desa dengan menggiatkan tim deteksi dini sehingga Bencana yg akan timbul bisa sesegera mungkin ditanggulangi,” ucap Kapolsek.

“Semoga dengan dibentuknya Tim Penanggulangan Bencana Desa Parit Banjar ini nantinya bisa bekerja semaksimal mungkin, apalagi Desa Parit Banjar sering terjadi bencana banjir dan Angin puting beliung,” harap Kapolsek IPDA. Ria Iskandar.(GN/DN).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *