Kapolres Simbolis Resmikan Pos Kamling

POSTKOTA PONTIANAK.COM

Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) bukan sekedar tanggung jawab aparat keamanan. Peran masyarakat merupakan hal yang harus di galakan. Hal inilah yang mendorong masyarakat Dusun Pangkin Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau untuk mendirikan Pos Kamling dilingkungan mereka.

resmikan pos kamling-skdSEKADAU-Jumaat (20/2/2015), Kapolres Sekadau AKBP. Muslikhun didaulat untuk meresmikan Pos Kamling RT 20/RW 04, Dusun Pangkin, Desa Mungguk secara simbolis. Hadir dalam kegiatan tersebut, Mupika Sekadau Hilir, Pabung Kodim 1204 Sanggau-Sekadau,Para Kades, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Sementara itu Tokoh masyarakat  perkampungan Darusalam, H.Djafar S.Sos M.Si dalam sambutanya  mengatakan, bahwasanya masyarakat ingin berperan serta dalam bidang keamanan, mengingat stuasi keamanan mulai tidak kondusif dan pengamanan hanya pihak keamanan.

“Pada RT 20 / Rw 04 sebanyak 80 KK, Penduduk RT 16 Simpang Pangkin 102 KK, kedua RT ini berperan serta dalam bidang keamanan, sehingga masyarakat di dua RT membentuk pos Kamling yg di tempatkan di RT 20 dan ada juga pos kamling di RT 16. Setiap malam akan ada piket warga untuk menjaga kawasan RT dan Gang,” papar Djafar.

Selaku tokoh masyarakat dirinya menyampaikan terimakasih kepada Kapolres dan Muspika dalam rangka peresmian pos kamling Kecamatan Sekadau Hilir di Pos Kamling Rt 20. ” Semoga warga bisa membantu aparat keamanan minimal memberikan informasi kepada Aparat,” tukasnya.

Kades Mungguk Drs.H.Ramly M.Si mengatakan, untuk Desa Mungguk,Pos Kamling ini yang pertama kali di lingkungan Kecamatan Sekadau Hilir.

” Pos Kamling di butuhkan dalam hal keamanan kordinasi TNI dan Polri dan masyarakat harus di tingkatkan,” kata Kades. Dirinya berharap  dengan adanya Pos kamiling ini keamanan di wilayah Desa Mungguk dapat di tingkatkan untuk mencegah berbagai tindak kejahatan di masyarakat.

Sementara itu, Camat Sekadau Hilir Hermanto S.Sos M.Si dalam sambuntany,  menyatakan atas nama Muspika berterimakasih kepada masyarakat yang sudah melakukan giat penjagaan malam lingkungan untuk membantu apkam.

” Sekadau Hilir 8927 Jiwa se- baru ada 18 anggota Polsek, ini tentunya butuh bantuan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan,” ujar Hermanto.

Dilaporkan Desa di Kecamatan Sekadau Hilir terdapat  17 Desa.dihimbau kepada Para Kades di Jalur Sutra agar membuat Pos Kamling seperti yang sudah ada di Desa Mungguk.

” Kecamatan Sekadau Hilir banyak kasus pencurian kendaraan bermotor serta penipuan oleh oknum. Diharapkan ada kekompakan dimasyarakat dalam menjalankan tugas ronda dikarenakan sudah adanya pos kamling,” papar Manto.

Sementara, itu Kapolres Sekadau, AKBP.Muslikhun mengatakan, untuk mewujudkan Kamtibmas perlu kerjasama dengan antar aparat dan warga.saling besinergi dalam mewujudkan Kamtibmas dalam suatu kondisi yang kondusif sehingga masyarakat bebas dari rasa takut dan beraktifitas.

“Sitwasi Kamtimas tidak akan terwujud tanpa adanya kerjasama semua pihak. Selama tahun 2014, Sitwsi Kamtimbas Kabupaten Sekadau cukup kondusif dibanding Kabupaten, kota lainya di Kalimantan Barat,” beber Kapolres.

Dijelaskanya,selama tahun 2014 telah terjadi 111 kejadian dan tahun 2015 telah terjadi 7 Kasus di bulan Januaridan bulan Februari 7 Kasus. “Dari kejadian 2 bulan terakhir,khususnya kasus Narkoba,tahun 2013 ada  6 kejadian,degan 70 tersangka, Tahun 2014 7 Laporan. Minggu lalu polisi mengamankan 3 orang penguna dan pengedar Narkoba di Kecamatan Belitang, diingatkan kepada warga untuk mewaspadai bahaya Narkoba yang sudah mulai merambah ke Desa. Terutama para orang tua harus mengawasi anak-anak yang usaia remaja,” jelas Kapolres.

Dikatakan Perwira dua bunga itu, saat ini, penyakit masyarakat lainya terutama adalah kaum remaja yaitu banyaknya temuan kepolisian adanya remaja yang kumpul kebo dan mengunakan Lem yang menunjukan tanda-tanda akan mengarah pada pengunaan Narkotika.

” Saat ini beberapa kasus kendaraan motor,tahun 2014 ada  80 Kasus.dan awal 2015 beberapa kasus pencurian kendaraan bermotor, untuk itu agar warga waspada terhadap pencurian kendaraan bermotor terutama malam hari,” ungkap Muslikhun.

Kamtibmas merupakan kebutuhan bersama yang merupakan tugas bersama selain tugas pokok kepolisian. Untuk Polres Sekadau personel 300 orang yang dibandingkan dengan jumlah penduduk 200 ribu jiwa lebih, sehingga rasio perbandingan aparat kepolisian degan masyarakat jauh berbanding.

Dengan adanya pos kamling ini merupakan wujud keikutsertaan masyarakat dalam hal mewujudkan keamanan dan ketertiban dimasyarakat. Pos Kamling juga merupakan alat penyambung silaturahmi antar warga,” pungkasnya.

Kegiatan dirangkai dengan Penyerahan Bantuan alat Keamanan untuk Pos Kamling RT 20/RW 04 Desa Mungguk, oleh Kapolres Sekadau serta peninjauan Pos Kamling.(Yahya PKP)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *