Kapolres Rote Ndao Inyoman Putra Dan Tim Lakukan Giat Penyelaman di Spot Diving Pulau Ndao

Kapolres Rote Ndao
Kapolres Rote Ndao

ROTE  NDAO – ( PKP ) : Kapolres Rote Ndao Inyoman Putra bersama Tim melakukan giat penyelaman di spot Diving Pulau Ndao yang bertujuan memperkenalkan potensi pariwisata laut kepada masyarakat agar masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan laut Dan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kab Rote Ndao

Untuk kabupaten Rote Ndao ini terdiri dari pulau-pulau ada sebanyak 108 pulau , wilayah ini sangat luas dan memiliki banyak sekali perairan laut.

Potensi yang ada yaitu ada 17 titik penyelaman di kabupaten Rote Ndao dan dari hasil yang didapat dari lapangan terutama di pulau Heliana , pulau Ndo’o , pulau Ndao , dan beberapa titik lainnya.

Kalau kita semua bisa menjaga potensi ini tentu ke depannya akan lebih banyak pecinta – pecinta alam bawah air diversity kemudian dari mancanegara dan domestik , banyak yang akan datang ke pulau Rote Ndao.

Pastinya akan memberikan kontribusi atau nilai ekonomis , jadi harapan saya bagaimana di tahun 2023 seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Rote Ndao menjaga lingkungan kita agar tidak ada yang melakukan pelanggaran di laut.

 

Rote Ndao
Rote Ndao

Ada beberapa pelanggaran yang harus di hindari ;
1.Meracun mencari ikan karena
hal ini akan membunuh banyak ikan – ikan kecil dan terumbu karang yang tumbuh.

2. Tidak melakukan pengeboman ikan di laut , hanya karena ingin mencari hasil yang cepat namun hal ini akan merusak ekosistem karang karena karang adalah rumah bagi para ikan tentu untuk menumbuhkan karang itu membutuhkan waktu yang sangat lama.

Harapan saya dengan kita menjaga lingkungan laut kalau ingin mencari ikan “silahkan” tetapi harus bersifat selektif dan tidak melakukan pelanggaran hukum.

Kita bekerja sama dengan dinas terkait yaitu dinas pariwisata untuk mengangkat potensi alam yang sangat indah di kabupaten Rote Ndao terutama alam bawah laut.

Disini ada berbagai spesies ikan, penyu, hiu dan menurut saya ini bisa menjadi daya tarik terutama domestik dan mancanegara yang memiliki hobi dalam dunia penyelaman.

Tentu dengan adanya dukungan dari stekonder dan masyarakat akan ada komunikasi terkait dengan kebutuhan pangan ketika kita memperkenalkan potensi bawah laut kita.

Kita memperkenalkan dunia penyelaman ini kepada masyarakat luas yang berada di luar kabupaten Rote Ndao.

Saya berharap kedepannya masing-masing dinas kita sama-sama mendukung dan mencari jalan keluar melalui jangka pendek apa yang menjadi keperluan masyarakat.

Baik kebutuhan itu seperti peralatan, mendokumentasikan dengan baik kita kemas sehingga orang luar bisa mengenal pulau Rote Ndao tidak dari darat saja, budaya tetapi juga ada potensi tersembunyi yang belum di eksplor.

Tentunya akan memberikan nilai ekonomis yang tinggi bagi masyarakat itu sendiri dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di kabupaten Rote Ndao.

Dari Rote Ndao: Dance Henukh Melaporkan.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.