Kapolres Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Melawi

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MELAWI KALBAR : Melawi Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Melawi seperti banjir, tanah longsor, puting beliung dan karhutla, Polres Melawi menggelar apel pengecekan sarana dan prasarana penanganan bencana alam tahun 2022 yang dilaksanakan di halaman Mako Polres Melawi, Selasa (18/1).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. dan diikuti oleh Forkopimda Melawi, di antaranya Sekda Kabupaten Melawi Drs. Paulus, Pabung Kodim 1205/Stg Mayor (Arh) Eddy Winarno, Perwakilan Sat Pol PP, BPBD dan Manggala Agni DaOps Sintang, Para PJU Polres Melawi, Kapolsek Jajaran Polres Melawi, Anggota Koramil 1205-01/Nanga Pinoh serta seluruh personel Polres Melawi.

Dalam amanatnya, Kapolres Melawi menyampaikan apel tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana serta sebagai bentuk komunikasi dan konsolidasi antar-stakeholders terkait dalam menghadapi bencana alam yang dapat berdampak pada terjadinya gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas maupun kontijensi di Kabupaten Melawi.

“Berkaca pada kejadian banjir pada tahun 2021 lalu, maka kita harus mempersiapkan sarana dan prasarana sebagai langkah antisipasi apabila bencana banjir terjadi kembali di wilayah Melawi,” tutur Kapolres Melawi dalam amanatnya.

Kapolres Melawi juga berpesan, agar stakeholders terkait dapat merespon dengan cepat dan tepat dalam mengambil keputusan apabila terjadi bencana alam sehingga dapat memininalisir korban jiwa dan kerugian materi.

“Saya berharam penanganan dan penanggulangan banjir yang telah berjalan dengan baik sebelumnya dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan ke depannya. Tingkatkan kerjasama dan terus bersinergi dalam mengantisipasi dan menangani bencana alam yang terjadi,” sambungnya.

Kapolres Melawi yang didampingi oleh Forkopimda Melawi juga mengecek langsung kondisi sarana dan prasarana penanganan bencana alam milik Polres Melawi dan Stakeholders Terkait yang turut digelar dalam apel tersebut, di antaranya terdapat kendaraan dinas, peralatan pemadaman api/kahurtla serta perahu karet.

“Peralatan yang ada ini agar dapat dirawat dengan baik sehingga sewaktu-sewaktu diperlukan dapat langsung digunakan,” pesan Kapolres Melawi kepada masing-masing personel yang mengawaki peralatan. Jon

Penulis : Alif/Humas Polres Melawi.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.