Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi Pimpin Sertijab, Patuhi Aturan Pemerintah

www.postkotapontianak.com MELAWI, POLDA KALBAR – Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H memimpin langsung serah terima jabatan (Sertijab) Wakapolres Melawi, Kasat Binmas dan Kapolsek Ella Hilir dilapangan Bhayangkara Mapolres Melawi, Selasa (24/3/2020) pagi.

Jabatan Wakapolres Melawi, sebelumnya diisi oleh Kompol Jajang, S. Kom (mutasi ke Ditnarkoba Polda Kalbar) digantikan oleh Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M (Kabag Sumda Polresta Pontianak), AKP TP. Marbun sebelumnya menjabat Kasat Binmas memasuki masa pensiun digantikan oleh Iptu Haryono dan Kapolsek Ella Hilir sebelumnya dijabat oleh Ipda Moch. Angga Bagus Sasongko, S. Tr. K kini digantikan oleh Iptu Widaya.

Dalam sambutannya, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi menyampaikan mutasi adalah hal yang sangat lazim dilingkungan Polri. Selain penyegaran organisasi, mutasi dilakukan yaitu dalam rangka membina jenjang karier, pemberian pengalaman, peningkatan wawasan, peningkatan kemampuan dan reward. Seluruh Anggota Polri memiliki kesempatan yang sama dalam mutasi, baik itu berdasarkan penugasan jabatan maupun berdasarkan daerah penugasan. Mutasi juga mempertimbangkan berbagai hal, diantaranya tepat sesuai kompetensi dan prestasi tugas yang dimiliki. Keseimbangan organisasi dalam penempatan jabatan anggota yang tepat pada jabatan yang tepat tanpa mengorbankan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

“Salah satu sistem pembinaan karier dilaksanakan melalui mutasi. Dan mutasi merupakan hal yang biasa terjadi pada setiap jenjang kepangkatan. Baik secara rutin maupun insindentil, berdasarkan kebutuhan organisasi atau pertimbangan kepentingan individu anggota sesuai persyaratan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

“Terima kasih kepada Pejabat yang lama, selama menjabat telah menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Kepada pejabat yang baru, segera menyesuaikan dilingkungan kerja yang baru dan saya yakin para pejabat yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik juga,” sampainya.

“Kepada Kompol Jajang, terima kasih atas dedikasinya dan loyalitasnya dalam menjalankan tugas selama di Polres Melawi dengan sangat baik dan membekas di hati seluruh anggota Polres Melawi. Tentunya, akan kami kenang dan ingat selalu kebijakan dan terobosan yang selama ini bapak jalankan dalam meningkatkan kedisiplinan dan kinerja Personil Polres Melawi,” ungkapnya.

“Terkait Pilkades dan Pilkada, diharapkan pejabat baru dapat menyesuaikan diri dengan seluruh stakeholder terkait dan dekatkan diri, jalin kerjasama dan jalin silaturahmi dengan seluruh tokoh masyarakat yang ada dan masyarakat setempat namun tetap memperhatikan situasional saat ini yaitu anjuran pemerintah tentang social distancing (saling menjaga jarak) namun tetap menjalin kerjasama sinergitas dan hubungan baik dengan seluruh elemen masyarakat, disesuaikan dengan kondisi saat ini,” tuturnya.

Diakhir kegiatan Sertijab, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Melawi Ny. Rini Tris Supriadi memberikan cinderamata kepada Kompol Jajang beserta istrinya dan cinderamata untuk AKP TP. Marbun beserta istrinya diberikan oleh Kabag Sumda AKP Sofyan.

Dalam upacara Sertijab yang dihadiri oleh Para Pejabat Utama Polres Melawi, Perwira dan Kapolsek beserta seluruh Anggota Polres Melawi ini, dilakukan sesuai situasional saat ini yaitu terkait pandemi virus corona (Covid – 19) diberi jarak antar satu Personil dengan Personil lainnya yaitu sekitar satu meter kedepan dan kesamping. Tidak hanya itu, biasanya disaat momen Sertijab banyak kenangan yang telah dijalankan oleh pejabat yang lama sehingga tidak jarang menimbulkan tangis harus dan diluapkan dengan pelukan serta jabatan tangan. Mematuhi larangan pemerintah tentang social distancing (saling menjaga jarak), Seluruh Personil Polres Melawi dan Pejabat Utama Polres Melawi dipimpin Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi didampingi Wakapolres Kompol Agus Mulyana memberikan penghormatan kepada Kompol Jajang. Walaupun momen tersebut dirasakan canggung oleh Kompol Jajang yang merupakan bawahan secara struktural organisasi dari Kapolres Melawi, Namun hal tersebut tetap dilaksanakan dengan penuh haru serta riuh suara tepuk tangan. Dalam momen ini, Kompol Jajang juga mengucapkan sepatah dua patah kata, dan ucap terima kasih juga turut ia lontarkan kepada Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi dan Jajaran serta seluruh Personil Polres Melawi.

Penulis : Oktavianus

Published : LMB


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *