Kapolda Tinjau Vaksinasi Serentak Se-Indonesia Di Lapangan futsal Andika Sui Ambawang

POSTKOTAPONTIANAK.COM

KUBU RAYA – Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar Horison dan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kubu Raya Marijan meninjau kegiatan vaksinasi akselerasi serentak se Indonesia yang dilaksanakan di lapangan futsal Andika Sui Ambawang 11/3. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolri secara vertual.

Dalam wawancaranya Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menyampaikan bahwa untuk Kalbar capaian vaksinasi saat ini sudah mencapai 84,8% dan untuk vaksin 2 kita genjot lewat akselerasi ini supaya bisa mencapai 70%, “Mudah-mudahan akhir April sudah bisa 70%, sekarang baru mencapai 62,2%.” Jelasnya.

Lanjut Kapolda, untuk Boster baru mencapai 3,94%. Menurut Kapolda Boster memang agak lama. Penyebabnya, karena ada beberapa hal, yang pertama terkait vaksinnya sendiri yang ada masanya berlakunya, misalnya 3 bulan. Jadi untuk boster memang masih perlu waktu.

” sedangkan untuk lansia masih pada posisi 57,5%. Lansia ini kesulitan karena banyak yang baru mau divaksin apabila mau bepergian. ” Jelas Kapolda.

 

Member Of Dewan Pers

 

Tapi menurut Kapolda dengan adanya kebijakan pemerintah yang mensyaratkan kalau mau bepergian harus menunjukkan lampu hijau pada peduli lindungi, hujau berarti sudah vaksin 1 dan 2. Dengan demikian diharapkan lansia bisa segera mencapai 60% lebih.

Sedangkan untuk anak-anak baru mencapai 46%. Kesulitan untuk anak-anak masih banyak orang tua yang tidak memberi izin anaknya di vaksin.
” Jadi masih perlu edukasi, penjelasan kepada anak-anak dan orang tuanya supaya anak-anak bisa vaksin 1 dan vaksin 2.

Dijelaskan juga oleh Kapolda, bahwa saat ini Kota Pontianak dan Kubu Raya untuk PPKM masuk level 3. Oleh karena itu Kapolda berharap agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, jaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kab Kubu Raya Marijan mengucapkan terima kasih kepada Pihak Kepolisian yang sudah menyelenggarakan akselerasi vaksinasi. ” “Mudah-mudahan capaian yang sekarang sudah 75,13%, Maret ini bisa mencapai 80%. Kita selalu berusaha membuat jadwal 200 titik/Minggu yang dilaksanakan oleh 20 puskesmas beserta Dinas. Cuma memang hasil nya belum maksimal.” Jelas Kadiskes.

Dalam kesempatan itu Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H Y Kumontoy S.I.K. Juga menyampaikan, sasaran penyelenggaraan vaksinasi yang dilaksanakannya targetnya 200-250 orang.

“Kita memang memfokuskan boster, namun apabila ada yang belum vaksin 1 dan 2 pun kita layani. Jadi ini adalah bagian akselerasi untuk mengejar vaksinasi 2 bisa mencapai 70%.” Jelasnya mengakhiri.(abr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.