Kapal Motor Bermuatan Sembako Tenggelam di Perairan Sukadana di Akibatkan Kebocoran di Haluan Kapal

POSTKOTAPONTIANAK.COM

TNI AL Lantamal XII Pontianak – Lanal Ketapang – Personel Pos TNI AL Teluk Melano (Lanal Ketapang) Pelda Nav Ade Rakhamat Zaidin melaksanakan SAR bersama dengan Polairud Teluk Melano terhadap KM. Mekar Jaya 03 GT 123 yang mengalami kebocoran ketika melaksanakan pelayaran dari Pelabuhan Sheng Hei Pontianak menuju pelabuhan Sonan Kab. Ketapang, informasi yang didapat dari kakak nahkoda yang bernama Hadi bahwa kapal tersebut mengalami Kebocoran pada bagian haluan kapal Sehingga mengakibatkan KM. Mekar Jaya 03 tenggelam di posisi Perairan Sukadana. Kapal tersebut membawa 6 orang ABK termasuk salah satunya adalah Nahkoda yang bernama Roby Panjaya dan kapal tersebut bermuatan kurang lebih 110 ton barang kelontong dan sembako.

Adapun nama-nama ABK dari kapal KM. Mekar Jaya 03 sebagai berikut ; Roby Panjaya, umur 32 tahun, jabatan sebagai Nahkoda yang beralamat di Siantan Pontianak, Herman umur 39 tahun, jabatan sebagai KKM, beralamat di Mulia Baru Ketapang, Aman, umur 22 tahun, Jabatan Kelasi 1 beralamat di Tanjung Hulu Pontianak, Cangkek umur 22 tahun, jabatan Juru mudi beralamat di Muara Kubu Kubu raya, Ardiansyah umur 19 tahun, jabatan Oli Man, beralamat di Daret Tayan, Sandi umur 22 tahun, jabatan Juru mudi beralamat di Seruat Kanan.

Adapun terjadinya tenggelamnya KM. Mekar Jaya 03 GT 123 yang bermuatan barang kelontong dan sembako campuran sebanyak kurang lebih 110 ton bermula pada tanggal 10 Juni 2020 pukul 05.00 WIB KM Mekar Jaya 03 bertolak dari Pelabuhan Senghie Pontianak menuju ke Pelabuhan Sonan Kab.Ketapang, Pada tanggal 11 Juni 2020 Pukul 08.00 WIB singgah di Pelabuhan Perikanan Teluk Batang untuk melaksanakan bekal ulang. Setelah melaksanakan bekal ulang keesokan harinya tanggal 12 Juni 2020 Pukul 08.00 WIB KM. Mekar Jaya 03 bertolak menuju Pelabuhan Sonan Kab. Ketapang. Sekitar Pukul 10.00 WIB KM mekar jaya 03 mengalami kebocoran pada lambung kanan kapal yang mengakibatkan kayu papan Timbau mengalami pecah sehingga air masuk pada bagian depan kapal.

Selanjutnya pada pukul 10.40 WIB Kamarnit pospolairud mendapatkan informasi dari kakak nahkoda yang bernama Hadi, bahwa KM Mekar Jaya 03 mengalami kebocoran sehingga mengakibatkan kapal tenggelam dan karam di perairan Sukadana selanjutnya Kamarnit pospolairud berkoordinasi dengan Pos TNI AL Teluk Melano untuk melaksanakan SAR evakuasi terhadap ABK Kapal KM Mekar Jaya 03 yang berada di perairan Sukadana. Setelah tiba di TKP para ABK selanjutnya dibawa dengan menggunakan kapal Pospolairud menuju kantor Pospolairud Teluk Melano untuk melaksanakan pendataan ABK dan pengecekan kesehatan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan kerugian material belum dapat ditaksirkan.

Lantamal XII.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *