KalBar Siap Eksport Beras

Ir H Fathan Alrasyid./ ( tr-PKP )
Ir H Fathan Alrasyid./ ( tr-PKP )

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( PONTIANAK ) – Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian, Ir H Fathan Alrasyid,MM, menegaskan bahwa Kalbar sebagai salah satu provinsi yang potensial untuk eksport beras. Karena Kalbar kini sudah surplus beras.

Dihari pangan nanti, kata Fathan Kalbar akan Eksport beras kenegara tetangga, Malaysia. Rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi.

Untuk mempersiapkan ini akan dibangun varietas varietas lokal. Luas lahan persawahan sudah bagus, produktifitas juga sudah bagus.

Tinggal memilih varietas berdasarkan rekomendasinya misalnya dari kapuas hulu ada Raja Uncak. Itu varietas lokal yang akan kita dorong untuk kita kembangkan.

Varietas varietas lainnya seperti 3XIPB produktifitas tinggi rasa juga enak. Bisa juga dengan varietas invari, invago dan invera.

Untuk pengkajian itu nanti kita minta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Varietas mana yang akan dikembangkan sekaligus kawasannya. Dimana dalam pengelolaan tanah sampai dengan pemasarannya dan mekanisasinya.

Team team ini nanti para expert atau ahli dibidangnya. Bagaimana kita memanfaatkan yang sudah ada. Agar beras kita bisa bersaing di Malaysia.

Penanaman dengan teknologi, tidak manual lagi tapi dengan mesin penanam padi. Mengolah tanahnya dengan mesin traktor. Apalagi angkutan kita lebih dekat. Hal ini bisa menekan biaya produksi hingga 35%, ” Jadi beras petani bisa bersaing,” kata Fathan.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pertanian Kalbar Ir H Hazairin MS yang ditemui postkotapontianak.com disela sela acara Rapat Koordinasi Upsus 2017 di Harris Hotel Pontianak, Senin 13/3/2017 mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melakukan ekspor beras varietas unggul. Semua akan disiapkan semaksimal mungkin.

Ia optimis bisa bersaing dipasar eksport terutama Malaysia. Semakin banyak yang dieksport semakin bagus. Dengan demikian derajat kesejahteraan petani Kalimantan Barat bisa dinaikkan. (try)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *