Kades Pongok Kecamatan Mandor Dilantik

foto, Hermanto, Kades Pongok Kecamatan Mandor. FOTO Humas Pemda
foto, Hermanto, Kades Pongok Kecamatan Mandor. FOTO Humas Pemda

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! NGABANG-Pemerintah Kabupaten Landak, melalui Sekretaris Daerah, Drs. Ludis, M.Si, Selasa,(5/5), melantik Hermanto sebagai Kepala Desa Pongok Kecamatan Mandor, untuk masa bakti 2015-2021. Drs. Ludis, M.Si, mengatakan,  tugas Kepala Desa yang utama adalah menyatukan kembali masyarakat pascapelaksanaan pemilihan Kepala Desa yang lalu, agar bersatu kembali, baik yang pro maupun yang kontra, agar sama –sama dapat membangun Desa menjadi Desa yang maju dan berkembang. “ Wajib menyatukan kembali masyarakat yang berbeda-beda dukungan tersebut. Tujuannya untuk mempermudah proses pelaksanaan pembangunan di Desa,” katanya.

Selanjutnya Sekda, Drs. Ludis, M.Si, mengatakan, maju mundurnya Desa bergantung kepada Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa di Desanya masing-masing. “Sesuai amanat Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, dan sekarang telah lahir undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah ini bertujuan untuk semakin memperkuat otonomi asli Desa,” terangnya.

Menurut Ludis, Desa serta Pemerintah Desa mempunyai kewenangan dan harus mampu mengurus serta mengelola Desanya sendiri secara efektif dan efisiensi dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Pemerintah Desa adalah garda terdepan pelaksanaan tugas Pemerintahan,” kata Ludis mengingatkan. Ia meminta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kades jangan saling iri dalam menjalankan tugas, tapi harus kerja sama dan kompak. “Jika saling iri, maka Desa itu tidak akan maju dan berkembang. Harus bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan,” tegasnya. Sekda meminta, selaku Kades harus dapat menjalin koordinasi dan kerja sama yang baik dengan ketua BPD beserta anggotanya. “Kades juga di minta mampu mengelola dan manfa’atkan Keuangan Desa secara baik termasuk tepat waktu dalam menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Desa di sertai dengan transparansi dalam pengelolaan dana tersebut,” pinta Sekda Ludis./ya’dan


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *