Kadep Akademik STTAL : Pembekalan Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Baru PPNS

SURABAYA ( PKP ) : TNI AL – STTAL Surabaya, Dalam upaya membangun SDM/mahasiswa baru yang berkarakter kebangsaan, ditengah-tengah Pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda berakhir, tidak melemahkan semangat juang lembaga pendidikan untuk ikut serta membangun bangsa. Sumbangsih Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang akan memasuki dunia baru pendidikan di Kampus Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) TA.2021. Untuk itu, STTAL bersinergi bersama Universitas Pertahanan RI mendukung pelaksanaan pembekalan wawasan kebangsaan mahasiswa baru oleh Tim Dosen pengajar dari Universitas Pertahanan RI dan Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Bumimoro Surabaya yang diwakili Kadep Akademik STTAL, Letkol Laut (E) Sunarta, S.T., M.T., dan Kaprodi S2/Pascasarjana, Letkol Laut (KH) Dr. Eko Krisdiono, S.T., M.T., dengan menerapkan pembekalan melalui Link Zoom/Virtual dari Kampus STTAL Bumimoro Surabaya. Kamis (26/8/2021).

Kegiatan pembekalan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan yang dapat dijadikan sebagai titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air dan kepedulian lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan berintegritas. Kegiatan tersebut juga sebagai sarana pengenalan lingkungan kampus baik lingkungan akademis maupun mekanisme kerja yang berlaku didalamnya, juga untuk menambah wawasan mahasiswa baru dalam menggunakan sarana akademik yang tersedia di Kampus Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Lebih lanjut, Pembekalan ini diharapkan menjadi wahana penanaman lima program gerakan nasional revolusi mental yakni Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri dan Indonesia bersatu. Dengan melalui PKKMB ini dapat memberikan bekal awal agar para mahasiswa menjadi alumni Perguruan Tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, nilai-nilai kemanusiaan, norma-norma kode etik dan tata tertib mahasiswa baru yang berdaya saing global.

Pelaksanaan pembekalan wawasan kebangsaan berlangsung selama lima hari oleh Tim Dosen/pengajar dari Universitas Pertahanan RI Jakarta dan Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Bumimoro Surabaya.

Materi yang disampaikan meliputi, tataran dasar bela negara, empat konsesus dasar kebangsaan, wawasan kebangsaan, tingkatkan semangat keyakinan dan kepercayaan diri, konsep dan kedisiplinan aplikasi kesehatan mental mahasiswa, anchoring pujian dan penghargaan,
public speaking komunikasi mickey mouse, kiat-kiat bertindak sukses, akar persoalan korupsi dan bahaya latentnya serta refleksi untuk negeri./*

Bagian Penerangan STTAL.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.