Kabintaldam XII/Tpr Hadiri Seminar International Conference on Humanity and Development 2020 di IAIN Pontianak

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Pontianank, Senin (16/3/20) – Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang diwakili oleh Kabintaldam XII/Tpr Kolonel Inf Yogi Gunawan, menghadiri acara International Conference on Religion Humanity and Development (ICRHD) 2020, di Kampus IAIN Jalan Suprapto, Pontianak Selatan, Kalimantan Barat. Dalam rangka menyelenggarakan pendidikan tinggi yang ulung dalam kajian Keilmuan, Keislaman dan Kebudayaan Borneo.

Kegiatan tersebut di hadiri Gubernur Kalbar diwakili Ka BPSDM Drs. Alfiansyah, MM., Pangdam XII/Tpr diwakili Kabintaldam XII/Tpr Kolonel Inf. Yogi Gunawan, Walikota Pontianak diwakili Bappeda Kota Pontianak Bpk. Reza Setiadi, Rektor IAIN Pontianak Dr. H. Syarif, MA, Direktur FUAD IAIN Pontianak Dr. Ismail Ruslan, M.Si., Prof. Thomas Bret Golson D. Min (Lakewood Babptist Church Northport Alabarna, USA), Prof. Madya Dr. Ahmad Sunawari Long (Universiti Kebangsaan Malaysia), Datuk Murshid Diraja Dr. Juanda Jaya (Member Of Serawak State Legislatife Assemnly, Malaysia ), Prof. Dr. Irwan Abdullah UGM Indonesia dan para Mahasiswa IAIN.

Pada kesemoatan tersebut Gubernur Kalbar yang diwakili Ka BPSDM Drs. Alfiansyah, MM., menyampaikan bahwa Kementrian Agama terus aktif mempromosikan dalam hal pengaruh utama moderasi agama yakni memahami agama agar tidak extrime dalam keberagaman beragama sehingga menjadi jalan tengah keberagaman beragama di Indonesia.

Lanjutnya juga, tentu sebagai negara yang besar berbagai permasalahan juga dapat menimbulkan perpecahan didalam kehidupan beragama itu sendiri, bentuk extrimisme bagaikan dua kutub yang berlawanan yaitu salah satu posisi dalam beragama membuang jauh-jauh penggunaan akal, sementara disisi lain justru sebaliknya sangat longgar dan bebas memahami ajaran agama.

“Moderasi beragama bagi Kementrian Agama bagaikan oksigen yang dibutuhkan untuk bernafas, Mudah-mudahan melalui konferensi saat ini banyak hal yang bisa digali, banyak hal yang menjadi pemikiran-pemikiran untuk lebih mengoptimalkan pemahaman moderasi beragama, agar hasil dicapai dari kegiatan ini bermanfaat bagi banyak orang terutama bagi Kalbar tentu juga bagi negara kita Indonesia,” ujarnya mengakhiri.

Sementara itu Rektor IAIN Pontianak Dr. H. Syarif mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya acara Internasional Confrension on Regional, Humanity and Developmen 2020. Juga ucapan terima kasih kepada para narasumber yang sudah bersedia memenuhi undangan memberikan untuk wawasan terhadap mahasiswa-mahasiswi IAIN.

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi suatu inspirasi buat mahasiswa-mahasiswi agar dapat mewujudkan cita-cita yang diinginkan,” harapnya.

Sedangkan Kabintaldam XII/Tpr yang mewakili Pangdam XII/Tpr mengucapkan sukses untuk seminar Internasional Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *