Kabid Pemdes Beberkan Kesiapan Pelantikan 30 Kades Terpilih

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – Pemerintah Kabupaten Mempawah akan melakukan pelantikan Kepala Desa yang terpilih melalui pemilihan langsung E-Voting. Sebanyak 30 orang Kepala Desa periode 2020-2026 rencananya akan dilantik pada tanggal 30 Juni 2020, di halaman Kantor Bupati Mempawah, jadi sebelum dilakukan pelantikan para Kades diberikan pengarahan di Aula Kantor Dinas SPPPAPMPD Kabupaten Mempawah. Jumat (19/06/2020

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas SPPPAPMPD Kabupaten Mempawah, Feri Ramadhani, katakan pertemuan sejumlah 30 orang Kepala Desa terpilih hasil pemilihan langsung secara E-Voting ini, sesuai arahan dan petunjuk dari Bupati Mempawah hasil rapat bersama Bupati Mempawah, agar sebelum dilakukannya pelantikan, disampaikan kepada para Kades untuk mengetahui protokol pelantikan.

“Kami lakukan pertemuan kepada 30 orang Kades terpilih sesuai perintah dan petunjuk oleh Bupati Mempawah, Ada 3 perihal yang wajib kami sampaikan kepada Kades sebelum dilakukannya pelantikan,” ucapnya.

“Selain itu juga penerapan protokol pelaksanaan pelantikan yang akan dilakukan oleh Para Kades, juga harus dipahami dan dimengerti agar acara ini bisa bisa berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” jelas Feri Ramadhani.

Lanjut dikatakannya, bahwa ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para kades yaitu; pertama bahwa pelaksanaan pelantikan akan dilakukan di halaman kantor bupati mempawah, ini berkaitan dengan jumlah kepala desa yang cukup banyak sehingga ditengah masihnya wabah pandemic covid 19 ini, maka Pemkab Mempawah menerapkan Protokol Kesehatan menjaga jarak saat dilakukan pelantikan dan selain itu juga Kades juga persiapkan diri seperti masker dan sarung tangan saat pelantikan tersebut. Selain itu dalam pelantikan Kades, Bupati Mempawah sekaligus akan melakukan pelantikan kepada TP.PKK Desa, dengan demikian, ibu kades juga ikut dalam pelantikan itu, dan ini kali pertama dilaksanakan oleh Pemkab Mempawah.
Kedua disampaikan, kepada para Kades terpilih untuk persiapan dan kelengkapan kepala desa sendiri saat akan melakukan pelantikan. Hal ini ditegaskan karena jangan sampai saat pelantikan, atribut pelantilan Kades sampai terlupakan, hal ini disampaikan karena sebelumnya pernah terjadi saat pelantikan kepala desa.
Ketiga dikatakan kepada Kades, wajib disampaikan kepada Pjs Kades dan perangkat untuk segera menyiapkan laporan pertanggungjawaban peralihan Pejabat Kepala Desa. Ini sampaikan agar saat kades menjabat tidak ada permasalahan, terlebih masalah yang sering timbul saat ini adalah BLT DD, BST, BPNT, dan lainnya yang berhubungan dengan Bantuan dari pemeritah.

“Kami juga beritahukan kepada Kades untuk mengikuti protokol yang sudah ditentukan oleh Pemkab Mempawah, dan sebelum dilaksanakan pelantikan, H-1 artinya tanggal 29 Juni 2020, kami akan memanggil kembali Kades untuk melakukan gladi resik pelantikan kepada para kades,” ucap Kabid Pemdes

“Dalam pelaksanaan pelantikan nantinya, disampaikan kepada kades untuk tidak terlalu berlebihan untuk membawa orang, dalam arti kata cukup keluarga terdekat saja yang hadir pada acara pelantikan. Selain itu kita harap kerjasama dengan Kades, jika ada tim sukses atau apapun namanya diharapkan dilakukan acara diluar kegiatan pelantikan, demi keamanan dan ketertiban bersama mengikuti protap kesehatan menuju new normal life,” harap Feri Ramadhani.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *