Kabid Humas Polda Kalbar Bantah Menghentikan Penyelidikan Terhadap 4 Korporasi Kasus Karhutla

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK – Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Drs, Suhadi Sw. M.Si membantah adanya desus desus atau Isu-isu yang sengaja disebarkan terkait Surat Pemberitahuan penghentian penyidikan ( SP3 ) terhadap 4 Korporasi yang melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Kombes Pol Drs. Suhadi, Sw, M.Si./ foto dok HPK
Kombes Pol Drs. Suhadi, Sw, M.Si./ foto dok HPK

Keempat Korporasi tersebut adalah PT. Rajawali Jaya Perkasa ( RJP ) yang berkedudukan di Kubu Raya, dengan lahan yang terbakar 5 hektar dari 4.425 IUP, PT. Sinar Karya Mandiri ( SKM ), yang berkedudukan di Ketapang, dengan luas lahan yang terbakar 100 hektar, PT Kayong Agro Lestari ( KAL ), yang berkedudukan di Kayong Utara, dengan Luas lahan yang terbakar 30 hektar dan PT. Rafi Kama Jaya Abadi (RKJA), ke empat perusahaan tersebut sampai saat ini belum pernah dihentikan penyidikannya oleh pihak Kepolisian, ujar Suhadi, Selasa (30/1/2017).

Menurut Kabid Humas Kombes Pol Drs. Suhadi Sw. M.Si, bahwa terhadap ke empat (4) korporasi tersebut sampai saat ini masih dalam proses penyidikan pihak Kepolisian seperti PT KAL berkas perkaranya sudah Tahap satu. Artinya bahwa berkas perkara sudah diserahkan oleh penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum, untuk dipelajari apakah ada kekurangan atau tidak, jika berkas dinyatakan lengkap maka berkas dinyatakan P21. Namun sebakiknya jika berkas belum lengkap, maka Jaksa akan memberikan Petunjuk kepada penyidik apa yang harus dilengkapi.

Katanya, demikian juga PT RKJA Yang berkedudukan di Nanga Pinoh, saat ini berkas perkaranya sudah Tahap 1, dengan tersangka tiga orang masing masing MA, ATW dan Maz, dengan barang bukti pohon kelapa sawit yang terbakar.

Sementara itu PT RJP di Kabupaten Kubu Raya, dan PT SKM yang berada di Ketapang masih dalam menyidikan pihak Kepolisian, khusus yang satu ini lahan yang terbakar cukup besar mencapai 100 hektar.
Jadi tidak benar jika pihak Kepolisian menghentikan penyidikan terhadal kasus tersebut, tegas Kabid Humas.

Kepada pihak-pihak yang selama ini mempunyai anggapan bahwa penyidikan kasus kebakaran hutan dan lahan dengan tersangka 4 Korporasi sampai saat ini masih berproses, jelas Kombes Pol Drs. Suhadi,Sw, M.Si./(abePKP)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *