Jembatan Ambruk, Mobil Amblas, Bantuan Beras Masuk Parit

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH (Sungai Kunyit) : Ambruk jembatan kantor Camat Sungai Kunyit membuat mobil truk KB 8842 BL dikemudikan oleh Abdul, yang mengangkut kurang lebih 7 ton Beras bantuan dampak covid 19 dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, sehingga mobil truk tersebut oleng ke kanan belakang dan menumpahkan karung beras kedalam parit depan kantor Camat Sungai Kunyit. Minggu (12/04/2020).

Ambruknya jembatan itu dikarenakan, bahwa jembatan itu cuma mampu dilewati dengan bobot berat di bawah 5 ton, sebelumnya memang jembatan sudah rapuh karena belum ada renovasi ketahap yang lebih kokoh lagi dan tidak mampu menahan bobot berat mobil truk yang membawa beras bantuan sekitar 7 ton keatas.

Kapolres mempawah AKBP Tulus Sinaga saat dikonfirmasi mengatakan, ” Emang benar ada kendaraan truk KB 8842 BL, yang mengangkut sejumlah beras bantuan dari pemprov untuk dampak covid 19 di kecamatan sungai kunyit ambruk saat melintas di jembatan kantor sungai kunyit.”

“Kejadian itu bermula, saat mobil tersebut melewati jembatan, usai sudah melakukan pelaporan di kantor camat. Tiba tiba salah satu gelegar jembatan patah karena tidak mampu menahan bobot beban mobil truk berkisar 7 ton lebih. Sehingga mobil truk itu ban belakangnya amblas dan mengakibatkan mobil menjadi oleng dan hendak terguling kedalam parit. Oleh karena oleng mobil ke aran kanan belakang mengakibatkan beras itu jatuh di dalam parit.”. Jelas AKBP. Tulus Sinaga.

“Dengan kejadian itu, sekitar puluhan karung yang masuk kedalam parit tersebut, menjadi mobil tertahan di jembatan. Karena berkurangnya bobot berat mobil itu, jadi tertahan mobil truk di jembatan yang ambruk.” Jelas AKBP. Tulus Sinaga.

“Seketika itu juga, sopi turun dari mobil, dan orang yang ada disekitar kantor camat langsung mengamankan beras yang masih bisa diselamatkan dari mobil truk. Untuk korban sampai saat ini disampaikan belum ada, cuma kerugian materi saja dari beras itu, ada puluhan karung yang rusak atau tidak bisa dipakai dan kami sudah laporkan kepada dinas terkait.” Jelas AKBP Tulus Sinaga.

Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial PPAPMPD Kabupaten Mempawah, Heru Agung, saat dikonfirmasi mengungkapkan, “Benar ada kejadian mobil truk amblas di jembatan kantor camat sungai kunyit, saya juga dapat informasi dari petugas dari dinas kami yang membagikan beras bantuan di wilayah kecamatan Sungai Kunyit.”

“Kejadian itu juga sudah kami laporkan kepada pimpinan kami Kepala Dinas, dan selanjutnya juga kami laporkan kepada bupati serta pihak bulog pemerintah provinsi kalimantan barat. Untuk laporan kejadian, akan kami sampaikan hari senin mengingat hari minggu dan sudah sore hari makanya senin kita laporkan kepada pihak yang diatasnya.” ucap Heru Agung.

“Kami juga sudah sampaikan kepada Bulog Kalimantan barat melalui via telepon tadi, alhamdulillah untuk beras bantuan yang ada musibah akan diganti.” Ucap Heru Agung.

“Saya sampaikan kepada para kades agar tidak gusar dan bimbang, akan kejadian yang sudah terjadi ini, insya allah dalam waktu dekat bisa kita cepat tanggulangi.” Ujar Heru Agung./*

(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *