Jeffray Katakan Kali Pertama Gempa Terdeteksi Disintang

Pada tanggal 27 Maret 2019 terdeteksi gempa bumi di wilayah Kabupaten Sintang. Gempa terjadi sekitar pukul 05.40 WIB dengan kekuatan 3,1 magnitudo pada kedalaman 5 km. Pusat gempa berada di darat, 48,63 km timur laut Kecamatan Sintang, atau tepatnya di 0,08 derajat LU dan 111,92 derajat BT. Gempa tersebut dirasakan oleh banyak warga di kawasan Bukit kelam.

Kepala Desa Kelam Sejahtera, Hermanus Tuguk membenarkan bahwa terjadi gempa di wilayah yang dipimpinnya. Hanya saja, getaran yang ditimbulkan tidak begitu kuat dan getarannya hanya 5 detik. Kondisi masyarakat juga tidak dalam kondisi panik sebab gempa yang ditimbulkan tidak terasa. Tapi masyarakat sudah diimbau untuk tetap waspada dengan segala kemungkinan yang bakal terjadi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward mengaku kaget mendengar kabar terjadinya gempa bumi berkekuatan 3,1 SR ini. Pasalnya Sintang  belum pernah mengalami bencana alam berupa gempa, apalagi di kawasan Bukit Kelam.

“ Kalau ini benar, maka ini pertama kalinya terjadi. Sebelumnya hanya longsor. Segala kemungkinan yang terjadi harus diinformasikan, sehingga masyarakat dapat mengambil langkah-langkah dini, terutama untuk menyelamatkan diri “, ungkap Jeffray Edward.

Untuk itu, Jeffray berharap masyarakat setempat agar selalu hati-hati dan waspada. Terutama yang tinggal di kawasan kaki Bukit Kelam. Begitu juga dengan intansi terkait seperti BKSDA dan lainnya, seharusnya sudah dapat memastikan kepada penduduk setempat terkait aman atau tidaknya kondisi saat ini.  ( Rz )


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *