Jeffray Edward, Minta Jangan Hilangkan Unsur Budaya

SINTANG- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Jeffray Edward mengatakan, bahwa saat ini banyak kreasi budaya maupun kerajinan tangan banyak kreasi dan inovasi. Jeffray menilai, apabila kebudayaan dikreasikan, dikhawatirkan dapat menghilangkan kemurnian nilai budayanya,ujarnya 29 Maret 2018.

“Banyak ditemui kreasi budaya mulai dari seni tari maupun kerajinan. Memang lebih menarik, namun perlahan nilai budaya semakin luntur,” sebut Jeffray.

Menurut Jeffray, kreasi dan inovasi boleh saja dilakukan. Asal, tidak menghilangkan unsur nilai budaya didalamnya.

“Budaya harus dilestarikan. Tarian Ngajat gerakannya maupun tabuhannya masih murni. Saya apresiasi hal ini. Artinya, ada upaya menunjukkan pada dunia bahwa masih melestarikan kemurnian budaya. Selain tarian, kalau di pasar hanya bisa lihat manik-manik yang sudah dikreasikan, di museum kita bisa lihat kreasi manik yang dilengkapi dengan makna dari setiap motifnya,” katanya.

Ha;l senada juga disampaikan Welbertus AnggotaDPRD Sintang  yang mengatakan, bahwa saat ini banyak kreasi budaya maupun kerajinan tangan banyak kreasi dan inovasi. Jeffray menilai, apabila kebudayaan dikreasikan, dikhawatirkan dapat menghilangkan kemurnian nilai budayanya,ujarnya 29 Maret 2018. (red)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *