Jarot Buka Diskusi Kelompok #1 : Narasi Skenario Pribadi

www.postkotapontianak.com

SINTANG- Selasa 2 Oktober 2018. Dalam kegiatan Lokakarya Perencanaan Skenario Menuju Kabupaten Sintang Lestari. Hadir dalam kegiatan tersebut  Bupati Sintang Jarot  Winarno, Direktor CSF, serta tamu undangan tampak hadir dalam acara tersebut.

Maksud dan tujuan perencanaan skenario adalah sebuah inisiatif untuk mendukung terwujudnya pembangunan berkelanjutan di kabupaten sintang melalui proses perencanaan skenario yang multipihak. Dalam proses ini, perwakilan dari pemangku kepentingan memilih satu fokus kepedulian dimasa depan yang  dirangkum dari diskusi tentang harapan dan kekhawatiran, lalu mengidentifikasi dan mendiskusikan faktor dan faktor yang memepengaruhi arah perjalanan fokus kepedulian tersebut ke waktu tertentu dimasa depan.

Pemangku kepentingan kemudian menentukan kemungkinan situasi masa depan tentang fokus kepedulian tersebut berdasarkan pemahaman mereka tentang dinamika interaksi antar sesama dan lintas faktor dan aktor.

Dengan tujuan besar mencapai pembangunan keberlanjutan sebagai figur utamanya, perencanaan skenario akan membangun pengetahuan bersama dan pemahaman diantara para pemangku kepentingan tentang faktor-faktor dan aktor dan dampak dari interaksi mereka untuk masa depan pembangunan di sintang.

Pada tahap selanjutnya dari perencanaan skenario, platfrom berfungsi sebagai forum dimana para pemangku kepentingan membahas pilihan pembangunan, memahami trade-off antara mereka, kemungkinan mencapai visi, dan risiko berakhir dimasa depan yang tidak diinginkan.

(pewarta : yef LMB )


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *