Jalan di Kota Ngabang Harus di Beri Nama Yang Baku

Martinus Suherman, Sekretaris Komisi A, DPRD Landak.(foto:ya'sdan)
Martinus Suherman, Sekretaris Komisi A, DPRD Landak.(foto:ya’sdan)

POSTKOTA PONTIANAK.COM

NGABANG-Anggota DPRD Landak, Martinus  Suherman, kemarin, mengatakan, di Kabupaten Landak khususnya Kota Ngabang tak banyak dijumpai nama jalan yang identik dengan tokoh seorang pahlawan.“ Menurut saya, alangkah baiknya nama jalan di Ngabang ini, misal, jalan Pontianak-Ngabang sebaiknya diganti dengan nama tokoh pahlawan Kalbar,” sarannya.

Kata Martinus, apa salahnya, nama Gubernur Kalbar pertama, Oevang Oeray menjadi nama jalan yang ada di depan kantor bupati itu.  Apalagi belum ada jalan di Kota Ngabang yang menggunakan nama pahlawan. “Saya rasa perlu dihargai jasanya, dengan dijadikannya sebagai nama jalan,” katanya.

Suherman mengatakan, penamaan jalan menggunakan nama pahlawan daerah ini penting, agar generasi sekarang tidak mudah melupakan jasa mereka. “Saya minta pihak eksekutif, yang punya kewenangan terhadap pengaturan nama jalan bisa menjadikan tokoh pejuang Kalimantan Barat sebagai nama jalan,” saran Martinus.

Sembari mengingatkan, bangsa besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya, “ pernah mendengar pepatah itu?” tanya
Anggota DPRD Kabupaten Landak, Martinus Suherman, memberikan pencerahan, kalau bicara pahlawan mereka memang pantas untuk dikenang jasanya. Menurut dia, untuk mengenang jasa pahlawan, tentu harus ingat namanya. Karena itu, biasanya dibuat lah menjadi sebuah nama jalan.

Terpisah, juga disampaikan salah satu warga Ngabang, Hendrajaya belum lama lalu, sangat mengharapkan agar Pemkab Landak dapat memberikan nama pada semua jalan yang ada di dalam kota Ngabang. Menurutnya, “ itu sangat penting dan sangat besar sekali kegunaannya, terutama seperti yang pernah saya alami, ketika saya memesan barang dari Pontianak untuk di kirim ke Ngabang, ketika itu saya bingung untuk menulis nama jalan untuk alamat rumah saya, ” tuturnya.

Seraya sangat mengharapkan agar Pemkab Landak segera memberikan nama pada jalan yang ada di dalam kota Ngabang, bisa nama tokoh, atau nama seorang pahlawan lokal maupun nasional.(ya’ sahdan)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *